Analisis hukum Islam dan undang-undang No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap praktik jual beli dengan sistem diskon di stand pameran (SA Shoop) Royal Plaza Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Devi, Irnalailatul Fitria (2020) Analisis hukum Islam dan undang-undang No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap praktik jual beli dengan sistem diskon di stand pameran (SA Shoop) Royal Plaza Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irnalailatul Fitria Devi_C92216166.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara (interview). Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu pembahasan dimulai dengan mengumpulkan data yang diperoleh dari lapangan tentang sistem diskon pada transaksi jual beli di Stand Pameran Royal Plaza, kemudian dianalisis dengan menggunakan hukum Islam (Kaidah Fiqh) terhadap sistem diskon pada transaksi jual beli di Stand Pameran Royal Plaza. Hasil penelitian ternyata menunjukkan bahwa praktik jual beli yang terdapat di Stand pameran (SA Shoop) Royal Plaza Surabaya belum memenuhi unsur keridhaan dalam kaidah fiqih dan belum memenuhi ketentuan yang berada dalam UU NO. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen karena penjual menggunakan sistem pengiklanan barang dengan cara menaikkan harga terlebih dahulu kemudian memberikan diskon, yang mana harga diskon sebenarnya adalah harga normal. Dengan demikian, dari kesimpulan di atas maka pemilik stand hendaknya menggunakan sistem diskon yang sesuai dengan konsep jual beli yang benar tanpa adanya unsur yang dilarang dalam Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. agar tidak ada pihak yang dirugikan dan tidak menimbulkan perselisihan di kemudian hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Devi, Irnalailatul Fitriairnalailatul98@gmail.comC92216166
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaq, Faishalfaishalhaq@gmail.com2020055001
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Jual Beli Sistem Diskon; Jual beli; Diskon.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: IRNALAILATUL FITRIA DEVI
Date Deposited: 27 Jun 2021 13:14
Last Modified: 27 Jun 2021 13:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45978

Actions (login required)

View Item View Item