Pengaruh pembelajaran Beyond Center And Circle Time terhadap perkembangan kerjasama anak usia 5-6 tahun di R.A Bahrul Ulum Candinegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Firda Distarina (2021) Pengaruh pembelajaran Beyond Center And Circle Time terhadap perkembangan kerjasama anak usia 5-6 tahun di R.A Bahrul Ulum Candinegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Distarina Putri_D98216034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan sosial dan kerjasama anak kelompok B di RA Bahrul Ulum Candinegoro kurang maksimal, berdasarkan pengamatan tersebut peneliti menemukan suatu rencana, gagasan, ide untuk melakukan penelitian tentang pengaruh pembelajaran beyond center and circle time terhadap keterampilan kerjasama anak usia 5-6 tahun di RA Bahrul Ulum Candinegoro. Permasalahan pertama yang di kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana keterampilan kerjasama anak usia 5-6 tahun di RA Bahrul Ulum jika tidak menggunakan pembelajaran BCCT?, yang kedua bagaimana keterampilan kerjasama anak usia 5-6 tahun di RA Bahrul Ulum jika menggunakan pembelajaran BCCT?, yang ketiga bagaimana pengaruh pembelajaran BCCT terhadap keterampilan kerjasama anak di RA Bahrul Ulum?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran BCCT terhadap keterampilan kerjasama anak usia 5-6 tahun di RA Bahrul Ulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif metode pendekatan eksperimen. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Quasi Eksperimental Design. Subyek penelitian ini adalah kelompok B1 sebagai kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran BCCT dan kelompok B2 sebagai kelompok kontrol menggunakan pembelajaran klasikal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Pretest dan Postest. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan hasil uraian observasi, wawancara, uji Validitas dan Reabilitas, uji Normalitas, uji Homogenitas, uji T-test Statistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari pembelajaran BCCT terhadap ketrampilan kerjasama anak usia 5-6 tahun di RA Bahrul Ulum Candinegoro. Hasil ini dibuktikan dari hasil perhitungan menggunakan uji Hipotesis Statistics diperoleh tingkat (sig.2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05% dimana uji tersebut diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Firda Distarinafirdadistarina@gmail.comD98216034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Subjects: Anak
Guru
Pendidikan
Keywords: BCCT; Perkembangan; Kerjasama.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Firda Distarina Putri
Date Deposited: 28 Jan 2021 10:58
Last Modified: 28 Jan 2021 10:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45984

Actions (login required)

View Item View Item