Penerapan ujrah tenaga kerja industri batik di desa Dinoyo Jatirejo Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmi, Nynda Kusuma (2020) Penerapan ujrah tenaga kerja industri batik di desa Dinoyo Jatirejo Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nynda Kusuma Rachmi_G04216069.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Penerapan Ujrah Tenaga Kerja Industri Batik di Desa Dinoyo Jatirejo Mojokerto” ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab rumusan masalah bagaimana sistem penetapan ujrah (upah) tenaga kerja industri batik pada Negi Batik Tulis Majapahit dan penerapan ujrah (upah) tenaga kerja di Negi Batik Tulis Majapahit ditinjau dari perspektif Ekonomi Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data berdasarkan kebenaran atau fakta yang diperoleh dari lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan dokumentasi dengan pihak-pihak terkait, yaitu pemilik dan pekerja Negi Batik Tulis Majapahit. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Negi Batik Tulis Majapahit dalam penetapan ujrah (upah) dasar pertimbangan penyusunan dengan menganalisa rasio perbedaan bobot pekerjaan antar jabatan, kemampuan perusahaan, kuantitas hasil produksi, dan kondisi pasar. Perusahaan melaksanakan pembayaran ujrah (upah) menggunakan 2 sistem, yaitu sistem borongan dan sistem bulanan. Pemberian ujrah (upah) selalu tepat waktu dan tidak menunda-nunda hal ini menandakan adanya kesesuaian dengan prinsip dalam Islam untuk segera membayar ujrah (upah) ketika pekerjaan telah diselesaikan. Namun, penerapan ujrah (upah) belum sepenuhnya sesuai dengan konsep Pengupahan secara Ekonomi Islam juga belum dapat dikatakan layak karena ujrah (upah) yang diberikan masih kurang dari UMR Kabupaten Mojokerto (< Rp 4.179.787). Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka diharapkan agar pemilik usaha sebelum mempekerjakan dianjurkan mengkaji ulang standar ujrah (upah) yang layak untuk pekerja sehingga kebutuhan pekerja dapat terpenuhi dengan layak. Dan alangkah baiknya jika menerapkan kontrak kerja secara tertulis agar di masa mendatang tidak menimbulkan masalah-masalah baru. Kata Kunci : Ujrah (upah), Tenaga Kerja, Negi Batik Tulis Majapahit

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmi, Nynda Kusumanyndarachmi25@gmail.comG04216069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Tenaga Kerja
Keywords: Ujrah (upah); Tenaga Kerja; Negi Batik Tulis Majapahit.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nynda Rachmi
Date Deposited: 27 Jan 2021 09:50
Last Modified: 27 Jan 2021 09:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45990

Actions (login required)

View Item View Item