Strategi guru dalam melatih kemandirian anak usia dini kelompok B2 di TK Al hidayah Bakung Udanawu Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahrotunnisa, Rida (2021) Strategi guru dalam melatih kemandirian anak usia dini kelompok B2 di TK Al hidayah Bakung Udanawu Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rida Zahrotunnisa_D08216018.pdf

Download (872kB)

Abstract

Penelitian tentang strategi guru dalam melatih kemandirian anak usia dini kelompok B2 di TK Al-Hidayah Bakung Udanawu blitar ini bertujuan untuk memotret bagaimana strategi guru dalam melatih kemandirian anak. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, hingga sampai pada kesimpulan. Penyajian data tersebut diuraikan dalam bentuk kesimpulan. Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan dapat diambil kesimpulan, bahwa kemandirian ditanamkan di TK AL-Hidayah Bakung Udanawu Blitar, adanya rasa ingin tahu dan faktor keceriaan. Serta guru dalam mempersiapkan strateginya yaitu guru menciptakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemandirian seperti menciptakan suasana belajar yang menarik dan kondusif. Memberikan contoh yang kongkrit pada setiap kegiatan. Sebelum kegiatan dimulai guru menyiapkan RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian). kurikulum yang ada di TK. Semangat serta kesadaran atas guru yang sangat tinggi didalam menstimulus bagian kemajuan anak oleh karena itu kurikulum menjadi panduan dalam melatih kemandirian anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahrotunnisa, Ridarida.zahro718@gmail.comD08216018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorImam, Syafi'iimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Thesis advisorIrfan, Tamwifiirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Mandiri
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Strategi Guru; Kemandirian AUD.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rida Zahrotunnisa
Date Deposited: 28 Jan 2021 08:18
Last Modified: 28 Jan 2021 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46012

Actions (login required)

View Item View Item