Konseling behavioral dengan teknik penguatan positif untuk mengurangi kebiasaan berbohong seorang remaja di Desa Banjarwungu Tarik Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusti, Titalia Erdina (2021) Konseling behavioral dengan teknik penguatan positif untuk mengurangi kebiasaan berbohong seorang remaja di Desa Banjarwungu Tarik Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Titalia Erdina Yusti_B93217110.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil pelaksanaan konseling behavioral dengan menggunakan teknik penguatan positif untuk mengurangi kebiasaan berbohong seorang remaja? Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif, dengan membandingkan keadaan sebelum dan sesudah proses konseling. Penelitian ini menggunakan teknik Penguatan Positif berupa Reward. Dalam proses konseling ini melewati berbagai tahapan, diantaranya adalah identifikasi masalah, prognosis, diagnosis, terapi dan evaluasi. Dan didalam melaksanakan terapi tersebut, konselor menggunakan tahap-tahap dalam pemberian penguatan yaitu, asesmen awal, membuat kesepakatan antara konselor dan konseli mengenai perilaku yang ingin diubah dan menetapkan jenis penguatan, lalu proses kegiatan;konselor melakukan kegiatan sesuai dengan kesepakatan guna untuk mengubah perilaku yang diinginkan, ketika perilaku yang diharapkan muncul, konselor memberikan reward untuk memperkuat perilaku tersebut agar menetap sampai kapan pun. Hasil konseling behavioral dengan teknik penguatan positif terlihat signifikan untuk membantu mengurangi kebiasaan berbohong seorang remaja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusti, Titalia Erdinatitaliaerdinay@gmail.comB93217110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaila, Faizah Noer--2011126001
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling Behavioral; Teknik Penguatan Positif; Berbohong; Remaja.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Titalia Erdina Yusti
Date Deposited: 06 Feb 2021 13:26
Last Modified: 06 Feb 2021 13:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46019

Actions (login required)

View Item View Item