Potensi Ekonomi Wisata Syariah berbasis kearifan lokal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafidz, abd. (2021) Potensi Ekonomi Wisata Syariah berbasis kearifan lokal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abd. Hafid_G04216001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Data yang diperlukan diambil melalui teknik wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaan/fenomena yang terjadi dilapangan selama penelitian berjalan dan akan melakukan analisa sebab dan akibatnya. Hasil penelitian yang diperoleh menyimpulkan bahwa Potensi Ekonomi Wisata Syariah Berbasis Kearifan Lokal(Pulau Mandangin Kabupaten Sampang Madura) wisata yang ada di Pulau Mandangin beberapa tahun ini menjadi wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan dari luar.Salah satu penyebabnya, karena Wisata Pulau Mandangin di kenal sebagai wisata syariah.Potensi wisatanya yang memiliki nilai-nilai keislaman diantaranya makam Bangsacarah dan Ragapatmi yang ramai di kunjungi. Selain pesona keindahan Pantai pasir putih dan Batu Candin.Masyarakat Pulau Mandangin mayoritas kegiatan kesehariannya berpusat bekerja sebagai nelayan dalam mata pencaharian sehari-hari dan untuk bertahan hidup. Seiring berjalannya waktu Masyarakat Pulau Mandangin mulai memanfaatkan peluang usaha untuk meningkatkan perekonomian, diantaranya: 1. Membuka usaha kuliner halal khas Pulau Mandangin, seperti Kar-cakar,Bikkoh, dan Rok-Korok, 2. Memproduksi oleh-oleh ciri khas Pulau Mandangin seperti Petis, Keripik Ikan, Keripik Singkong, Sarung Batik, dan Souvenir, 3. Memanfaatkan perahu nelayan sebagai jasa antar jemput wisatawan untuk menyebrangi Pulau Mandangin. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka disarankan: Pertama, Untuk terus meningkatkan dan menjaga lingkungan alamnya, budaya kearifan lokal. Kedua, Budaya dan kearifan lokal tetap di jaga dan dilestarikan sebagai simbol kekayaan akan tradisi peninggalan leluhur. Ketiga, Menjaga wisata yang ada di Pulau Mandangin berpegang teguh terhadap nilai-nilai keislaman.Keempat, Meningkatkan kualitas potensi wisata syariah berbasis kearifan lokal yang ada di Pulau Mandangin.Kelima, Wisata di Pulau Mandangin memberikan nilai tawar kepada wisatawan yang berkunjung sehingga wisatawan merasa mempunyai nilai kepuasan tersendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafidz, abd.ah3699832@gmail.comG04216001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHanafi Ad Putrantosa, Hanafi Adiah3699832@gmail.com2005098202
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Budaya
Keywords: Ekonomi Wisata; Wisata Syariah; Kearifan Lokal.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Abd Hafidz .
Date Deposited: 29 Jan 2021 07:33
Last Modified: 29 Jan 2021 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46024

Actions (login required)

View Item View Item