Analisis semiotika kekerasan anak dalam Film Miss Baek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tuti, Ruri Handarias (2021) Analisis semiotika kekerasan anak dalam Film Miss Baek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ruri Handarias Tuti_B75217141.pdf

Download (2MB)

Abstract

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk representasi seorang anak menjadi korban kekerasan anak yang digambarkan dalam film ‘Miss Baek’. Melihat dari fenomena banyaknya kasus kekerasan anak di masa pandemi menurut KemenPPPA. Untuk mendeskripsikan representasi kekerasan anak dalam film ‘Miss Baek’ peneliti menggunakan metode analisis teks media milik Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian ini menunjukkan pada setiap Shot dan dialog dalam film tersebut menunjukkan penggambarannya dalam kekerasan bentuk fisik seperti (1)Memiliki luka dan tidak diobati dengan semestinya; (2)Kekurangan Gizi; (3)Pakaian tidak semestinya dan bagai orang miskin; (4) Diberi makan tidak semestinya, dan bentuk non-fisik seperti (1) Anak ketakutan (2)Sering menangis, (3)Terpisah dengan Orangtua dalam waktu lama. Melihat hasil dari penggambaran untuk korban kekerasan anak tidak hanya ditunjukkan dengan fisik yang terlihat kacau dan tidak terawat dengan baik, tetapi ia juga mengalami bentuk kekerasan non fisik yang mengakibatkan anak tersebut menjadi pendiam dan takut menyuarakan isi hatinnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tuti, Ruri Handariasrurihandarias@gmail.comB75217141
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agoesam.moefad@gmail.com2025087002
Subjects: Masalah sosial
Keywords: Kekerasan Anak; Film; Analisis Teks Media.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ruri Handarias Tuti
Date Deposited: 13 Feb 2021 14:07
Last Modified: 13 Feb 2021 14:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46037

Actions (login required)

View Item View Item