Rational Emotive Behavior Therapy untuk mengatasi Perilaku Self Injur pada remaja di Desa Gunung Malang Kabupaten Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuanita, Ita (2021) Rational Emotive Behavior Therapy untuk mengatasi Perilaku Self Injur pada remaja di Desa Gunung Malang Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ita Yuanita_B93217088.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilapangan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis komparatif. Untuk menjelaskan proses dan hasil penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy dipadukan dengan terapi islam yaitu terapi Muhasabah. Proses konseling dilakukan dengan langkah identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, evaluasi dan follow up. Dalam proses treatment langkah yang dilakukan yaitu menyadarkan konseli mengenai pola pikir irasionalnya, disputing (melawan pemikiran irasional) dan membimbing konseli untuk menyusun perubahan. Adapun Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konseli bisa mengganti perilaku negatifnya dengan perilaku yang lebih positif. Salah satu bentuk perubahan yang dilakukan oleh konseli yaitu mampu meluapkan emosinya dengan melakukan hobi yang disenangi yaitu memasak. Saat ini konseli sudah mempunyai usaha kecil-kecilan yang diberi nama Rara D’kitchen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuanita, Itaitayuanita1999@gmail.comB93217088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abd.abdulbasyid95@yahoo.co.id2001096001
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Rational Emotive Behavior Therapy; Self Injury.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ita Yuanit Ita Ita
Date Deposited: 28 Jan 2021 11:19
Last Modified: 28 Jan 2021 11:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46039

Actions (login required)

View Item View Item