Perilaku kepemimpinan perempuan di SD Negeri Margorejo VI Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indahsari, Risma Amiliya Nur (2021) Perilaku kepemimpinan perempuan di SD Negeri Margorejo VI Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risma Amiliya Nur Indahsari_D93216089.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya, peran, dan persepsi kepemimpinan perempuan di SD Negeri Margorejo VI Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah dan tenaga pendidik dan kependidikan. Obyek penelitian ini adalah perilaku kepemimpinan perempuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian utama sebagai berikut. Pertama, gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala sekolah SD Negeri Margorejo VI adalah gaya kepemimpinan kondisional, yaitu menerapkan gaya kepemimpinan berdasarkan situasi dan kebutuhan, misalnya demokratis dan familial. Di samping itu kepala sekolah ini mendasarkan pengalaman sebelum memimpin sekolah ini. Kedua, kepala sekolah ini menjaankan ragam peran kepemimpinan yaitu berupa pemberian motivasi, apresiasi dan evaluasi. Ketiga, warga sekolah ini tidak melihat kepemimpinan perempuan sebagai sebuah masalah gender. Kepemimpinan perempuan ataupun laki-laki tidak menjadi persoalan dan yang penting adalah profesionalitas pemimpin. Disarankan bahwa kajian serupa di sekolah-sekolah lain akan mengungkap lebih banyak tentang bagaimana perilaku pemimpin perempuan untuk mendapatkan gambaran lebih lengkap tentang ragam kepempimpinan perempuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indahsari, Risma Amiliya Nurrismaamiliya230@gmail.comD93216089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Thesis advisorRifa'i, Muh Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Kepemimpinan
Keywords: Kepemimpinan Perempuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Risma Amiliya
Date Deposited: 04 Feb 2021 05:18
Last Modified: 04 Feb 2021 05:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46043

Actions (login required)

View Item View Item