Pernikahan Ideal dalam Konstruksi Media Slogan Kemenag RI: analisis Semiotik C.S. Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Nur Cahyani (2021) Pernikahan Ideal dalam Konstruksi Media Slogan Kemenag RI: analisis Semiotik C.S. Peirce. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Cahyani Wulandari_B91217140.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah, (1) Bagaimanakah konstruksi pernikahan ideal pada slogan Kemenag RI ? (2) Bagaimanakah makna slogan Kemenag RI tentang pernikahan ideal ?. Untuk mencari jawaban dari kedua permasalahan itu, penelitian ini mengunakan analisis teks media dengan metode semiotika Peirce berparadigma konstruktifisme. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Pernikahan ideal dikonstruksi oleh media slogan Kemenag RI menggunakan dialektika eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi, menyatakan bahwa pernikahan ideal adalah pernikahan yang tercatat di KUA dan memiliki bukti buku nikah. (2) Makna tanda dalam slogan Kemenag RI dilihat dari representamen, objek dan interpretannya adalah pernikahan harus memiliki buku nikah dengan tercatat di KUA, pernikahan di KUA gratis dan diluar KUA bayar 600 ribu disetor langsung melalui bank, menyegerakan nikah dengan ritual pelaksanaan pernikahan yang penting sah bukan wah, dan larangan pernikahan siri sebab dapat merusak sistem hukum sosial dan tatanan masyarakat. Penelitian ini memiliki banyak kekurangan, penelitian selanjutnya diharap melakukan penelitian yang lebih rinci mengenai urgensi wacana dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Nur Cahyaninurcahyaniwulandari0@gmail.comB91217140
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Komunikasi Dalam Islam
Keywords: Pernikahan Ideal; Konstruksi Media; Slogan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Cahyani Wulandari
Date Deposited: 29 Jan 2021 10:13
Last Modified: 29 Jan 2021 10:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46048

Actions (login required)

View Item View Item