Peran kepemimpinan Kepala Desa Sukorejo Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Desia (2021) Peran kepemimpinan Kepala Desa Sukorejo Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Desia Damayanti_I71216040.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap kepemimpinan pemerintahan desa. Penelitian ini merupakan studi kasus tentang Peran Kepemimpinan Kepala Desa di Desa Sukorejo Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro. Dalam penelitian ini, terdapat rumusan masalah yakni bagaimana peran beserta faktor-faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan Kepala Desa di Desa Sukorejo Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisis peran Kepemimpinan Kepala Desa serta faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan Kepala Desa di Desa Sukorejo Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro Tahun 2019. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepemimpinan Kepala Desa Sukorejo sudah bisa dikatakan berjalan dengan lancar, peran yang diterapkan Kepala Desa Sukorejo ini meliputi perannanya sebagai motivator, fasilitator dan mobilisator. Dari hasil peran Kepala Desa tersebut, masyarakat lebih mudah mengakses informasi, menjadikan kegiatan masyarakat berjalan dengan lancar dan Desa menjadi lebih damai. Faktor pendukung peran kepemimpinan Kepala Desa Sukorejo adalah semangat yang diberikan perangkat satu sama lain, mengadakan rapat koordinasi atau semacam evaluasi setiap satu bulan dan tiga bulan sekali dan ditambah lagi antusiasme masyarakat yang tinggi. Sedangkan untuk faktor penghambatnya ialah masih kurangnya sarana dan prasarana dan sumber daya masnusianya yang kurang memadai, hal tersebut menimbulkan kekosongan jabatan dalam Desa Sukorejo Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, Desiadamaydd890@gmail.comI71216040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChalik, Abd.achalik_el@yahoo.co.id2027067302
Subjects: Kepemimpinan
Keywords: Kepemimpinan; Kepala Desa.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: DESIA DAMAYANTI
Date Deposited: 03 Feb 2021 15:06
Last Modified: 03 Feb 2021 15:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46059

Actions (login required)

View Item View Item