Konstruksi media Viva.co.id dan Tempo.co tentang imbauan MUI "wudhu untuk mencegah corona": analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Erlina Eka (2021) Konstruksi media Viva.co.id dan Tempo.co tentang imbauan MUI "wudhu untuk mencegah corona": analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erlina Eka Wahyuni_B91217114.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui bagaimana konstruksi Media Viva.co.id dan tempo.co tentang imbauan MUI “wudhu untuk mencegah corona?” dan apa perbedaan yang menonjol terkait konstruksi media Viva.co.id dan tempo.co tentang Imbauan MUI “wudhu untuk cegah corona?”. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis teks media framing model Zhongdang Pan dan Gerald M Kosicki yang memiliki empat perangkat framing yaitu, sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, konstruksi media Viva.co.id yakni ingin menjelaskan kepada khalayak bahwa obat virus corona sudah ada yaitu dengan mendekatkan diri kepada Allah. Sementara Tempo.co memandang bahwa wudhu merupakan salah satu cara menangkal virus corona yang sesuai dengan anjuran dari ahli kesehatan. Perbedaan yang menonjol dalam kedua media tersebut terdapat pada unsur sintaksis, skrip dan retoris. Rekomendasi kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengkaji ulang dengan menggunakan metode analisis lainya, supaya dapat mengetahui konstruksi media dari prespektif lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Erlina Ekaerlinaeka4@gmail.comB91217114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah
Dakwah > Dakwah - Media
Keywords: Konstruksi media; Framing; Wudhu; Corona; Imbauan MUI.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Erlina Eka Wahyuni
Date Deposited: 30 Jan 2021 02:59
Last Modified: 30 Jan 2021 02:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46068

Actions (login required)

View Item View Item