Representasi peran orang tua pada pendidikan karakter anggota keluarga penyandang disabilitas di film “Wonder”

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sunariati, Linda (2021) Representasi peran orang tua pada pendidikan karakter anggota keluarga penyandang disabilitas di film “Wonder”. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Linda Sunariati_B05217032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggambaran terkait dengan kehidupan penyandang disabilitas, yang berfokus pada peran orang tua dalam pendidikan keluarga. Peran orang tua dalam pengembangan diri pada anak penyandang disabilitas yang direpresentasikan pada film Wonder, menjadi fokus penelitian. Bentuk pembahasan yang meliputi deskripsi, pengambaran dan pemaknaan pada setiap scene terkait fokus penelitian. Metode penelitian menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, dengan pendekatan konstruktivis yang kemudian dioperasionalkan dengan teori representasi dan perspektif keislaman. Hasil penelitian meliputi tiga poin penting dari hasil analisis pemaknaan denotasi dan konotasi, yang meliputi; Representasi peranan orang tua terkait kempuan pada aspek sosial anak penyandang disabilitas, Representasi peranan orang tua dalam pemenuhan kebutuhan psikologis anak penyandang disabilitas, kemudian Representasi peran orang tua dalam membentuk karakter melalui pendidikan dalam keluarga. Tiga poin yang menjadi garis besar hasil penelitian merupakan pengenalan isu-isu sosial terkait eksistensi dan posisi penyandang disabilitas dalam masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sunariati, Lindalindasunariati99@gmail.comB05217032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidah, Liliklilik.hamidah@uinsby.ac.id2017127301
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Anak > Anak Penyandang Cacat
Orang tua dan Anak
Keywords: Representasi, Disabilitas, Pendidikan karakter.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: LINDA SUNARIATI
Date Deposited: 12 Feb 2021 12:50
Last Modified: 12 Feb 2021 12:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46102

Actions (login required)

View Item View Item