Manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di MI Salafiyah Bangilan Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Siti Nur (2021) Manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di MI Salafiyah Bangilan Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Azizah_D93216093.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengambil judul Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik di MI Salafiyah Bangilan Tuban. Latar belakang dari penelitian ini adalah persaingan antar lembaga pendidikan yang semakin ketat dan madrasah ini melakukan manajemen pemasaran pendidikan dengan baik yang bertujuan untuk meningkatkan dan menambah minat konsumen terhadap madrasah ini. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode untuk mengumpulkan data melalui tiga cara, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam proses menganalisis data menggunakan empat tahapan, yakni mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Penerapan dari manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik yang dilakukan madrasah melalui 4 kegiatan pemasaran yaitu yang 1). product yaitu melakukan rapat pembagian jam dan mata pelajaran, dan lain-lain. 2). price, untuk perencanaan price diawal berdirinya tidak mematok biaya untuk peserta didik baik untuk uang gedung maupun SPP perbulannya. 3). place, untuk perencanaan tempat madrasah awalnya ada didepan pasar Bangilan. Dan sekarang madrasah berada ditengah-tengah Kecamatan Bangilan. 4). promotion, untuk perencanaan promosi yang dilakukan madrasah merencanakan kegiatan-kegiatan besaruntuk melakukan sosialisasi, menyiapkan panitia PPDB dan melakukan kerjasama dengan TK/RA sekitar madrasah. Keempat kegiatan pemasaran tersebut masing-masing membawa peningkatan peserta didik untuk madrasah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Siti Nurstnurazizah.2301@gmail.comD9321603
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Pemasaran
Keywords: Manajemen; Pemasaran Pendidikan; Peningkatan Kuantitas.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Nur Azizah
Date Deposited: 04 Feb 2021 06:21
Last Modified: 04 Feb 2021 06:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46103

Actions (login required)

View Item View Item