Metodoologi tafsir Annisa karya M. Rahmat Najieb

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Azalia Wardha (2021) Metodoologi tafsir Annisa karya M. Rahmat Najieb. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azalia Wardha Aziz_E03217012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti mengenai metodologi yang digunakan M. Rahmat Najieb dalam menafsirkan Al-Qur’an pada Tafsir Annisa, yang di dalamnya meliputi metode, corak dan bentuk penafsiran. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan metode, corak, dan bentuk penafsiran dalam Tafsir Annisa karya M. Rahmat Najieb. Agar mampu mencapai tujuan penelitian tersebut, dilakukan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode deskriptif dan analisis isi (content analysis) sehingga mampu mendeskripsikan dan mengidentifikasi metodologi dalam Tafsir Annisa karya M. Rahmat Najieb. Tafsir Annisa karya M. Rahmat Najieb merupakan salah satu karya tafsir berbahasa Indonesia yang membahas kandungan surat al-nisa’ secara utuh. Dengan meneladani kandungan dalam surat al-nisa’, sebagai pedoman lingkungan terkecil dan mendasar yaitu keluarga dalam menjalankan kehidupan sesuai syariat Islam yang diharapkan berimbas pada lingkungan yang lebih luas. Penafsiran dalam Tafsir Annisa disajikan dengan keluasan penjelasan maksud ayat yang relevan dengan situasi dan kondisi saat ini membuatnya menarik untuk diteliti lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan bahwa metode yang digunakan M. Rahmat Najieb dalam menafsirkan Tafsir Annisa yaitu metode tahlili (analitis) yang menafsirkan Al-Qur’an dengan uraian panjang dan menyinggung berbagai aspek dalam penafsiran. Adapun corak penafsirannya merupakan corak kombinasi, yang di dalamnya terdiri dari dua corak dengan porsi yang sama yaitu lughawiy dan adabi al-ijtima’i. Sedangkan bentuk penafsirannya termasuk ke dalam tafsir bi al-ra’yi, diperhatikan dari penafsiran terhadap ayat yang berdasar pada ijtihad mufassir yang didukung dengan Al-Qur’an dan Hadis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Azalia Wardhaazaliawardha@gmail.comE03217012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChozin, Fadjrul Hakamhakam@uinsby.ac.id2006075901
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Tafsir Annisa; M. Rahmat Najieb; Metodologi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: AZALIA WARDHA AZIZ
Date Deposited: 01 Feb 2021 11:10
Last Modified: 01 Feb 2021 11:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46105

Actions (login required)

View Item View Item