Penegakan Hukum Terhadap Penipuan Investasi Dengan Menerapkan Skema Ponzi Menurut Perspektif Hukum Positif Dan Hukum Pidana Islam: studi kasus di Reserse Kriminal Khusus Polisi Daerah Jawa Timur, Surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali, Chaydar Ryan (2021) Penegakan Hukum Terhadap Penipuan Investasi Dengan Menerapkan Skema Ponzi Menurut Perspektif Hukum Positif Dan Hukum Pidana Islam: studi kasus di Reserse Kriminal Khusus Polisi Daerah Jawa Timur, Surabaya). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chaydar Ryan Ali_C93217078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yaitu melalui wawancara dengan pihak Siber Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan teknik pola induktif Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hal penegakan hukum, Unit Siber Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Jatim di Surabaya sejauh ini telah melakukan upaya dengan melayangkan surat panggilan kepada korban yang bertujuan untuk mendapatkan informasi lebih mendalam, seperti berkenaan dengan identitas pelaku dan cara kerja pelaku dalam tindak kejahatannya, selanjutnya nanti barulah dilakukan upaya penyelidikan dan penyidikan. Sanksi yang akan dipersangkakan terhadap pelaku adalah Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Dalam hukum Islam, penegakan hukum yang dilakukan oleh Siber Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) telah sesuai dengan penegakan hukum dalam islam, dibuktikan dari beberapa kasus yang ditangani oleh Rasulullah SAW yang sejalan dengan penegakan hukum oleh Siber. Sanksi yang disangkakan oleh Siber yang salah satunya berupa penjara dalam kasus penipuan ini telah sesuai dengan golongan hukum takzir yang dalam perbuatannya disebutkan dalam Al-Qur’an, namun sanksi atas perbuatannya tidak dijelaskan secara pasti, tetapi hukuman penjara yang disangkakan oleh Siber dalam kasus penipuan menjadi salah satu dari macam-macam hukuman takzir. Dapat disimpulkan dari pemaparan di atas, terdapat beberapa saran diantaranya; Pertama, hendaknya para korban bisa bekerjasama dengan pihak penegak hukum untuk menuntaskan kasus tersebut, dengan disiplin memenuhi arahan sebagai strategi yang akan dijalankan aparat penegak hukum. Kedua, hendaknya masyarakat lebih cermat lagi melakukan usaha khususnya di bidang investasi dan tidak mudah tergiyur oleh iming-iming yang belum tentu bisa dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali, Chaydar Ryanryanstars57@gmail.comC93217078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyafaah, NurlailatulNurlailashafaa@gmail.com2006047901
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Pidana Islam
Investasi
Keywords: Penipuan investasi; skema ponzi; Investasi JDunion; Investasi Alimama.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Chaydar Ryan Ali
Date Deposited: 02 Feb 2021 21:06
Last Modified: 02 Feb 2021 21:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46136

Actions (login required)

View Item View Item