Hubungan perilaku pro sosial dan kelekatan dengan kualitas persahabatan pada Remaja Akhir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Achmad Dandi (2021) Hubungan perilaku pro sosial dan kelekatan dengan kualitas persahabatan pada Remaja Akhir. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Achmad Dandi Firmansyah_J71216045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku pro sosial dan kelekatan dengan kualitas persahabatan pada remaja akhir. Pada penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data berupa skala kualitas persahabatan Scale yang telah disusun berdasarkan dengan aspek kualitas persahabatan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 304 remaja dari total populasi 2400 remaja akhir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji product moment dengan bantuan SPSS. Penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda dengan melalui berbagai uji dan mendapatkan hasil pada variabel perilaku pro sosial dengan kualitas persahabatan dari hasil uji t = 7.656, P = 0.00 < 0.05 artinya variabel perilaku pro sosial mempunyai hubungan positif dengan kualitas persahabatan, dan pada variabel kelekatan dengan kualitas persahabatan dari hasil uji t = 9.290, P = 0.00 < 0.05 artinya variabel kelekatan mempunyai hubungan positif dengan kualitas persahabatan. uji F yaitu 162.900 (F hitung) > 3.03. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima yang artinya terdapat hubungan positif antara perilaku pro sosial dan kualitas persahabatan pada remaja akhir, terdapat hubungan positif antara kelekatan dengan kualitas persahabatan pada remaja akhir, terdapat hubungan positif antara perilaku pro sosial dan kelekatan dengan kualitas persahabatan pada remaja akhir. Berarti, semakin tinggi perilaku pro sosial dan kelekatan pada remaja akhir, maka semakin tinggi pula kualitas persahabatan yang dirasakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, Achmad Dandidandifirmansyah131@gmail.comJ71216045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbrory, Luckyluckyabrorry@uinsby.ac.id2001107901
Subjects: Psikologi Sosial
Remaja
Keywords: kualitaspersahabatan; Perilaupro sosial; dan kelekatan.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Achmad Dandi Firmansyah
Date Deposited: 02 Feb 2021 20:44
Last Modified: 02 Feb 2021 20:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46142

Actions (login required)

View Item View Item