Analisis yuridis terhadap advokasi perlindungan anak di Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Provinsi Jawa Timur dan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arta, Mohamad Ganesha Editya (2021) Analisis yuridis terhadap advokasi perlindungan anak di Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Provinsi Jawa Timur dan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Ganesha Editya Arta_C91216109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Data dalam penelitian ini dihimpun melalui teknik wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan jawaban dari segala permasalahan yang ada. Selanjutnya, data yang terkumpul disusun dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis mengenai upaya advokasi perlindungan anak di Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Provinsi Jawa Timur dan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Timur yang kemudian dianalisis secara yuridis. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan advokasi perlindungan anak di Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Provinsi Jawa Timur dan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Timur dapat disimpulkan bahwa: Pertama, advokasi yang dilakukan oleh PPT Provinsi Jawa Timur maupun oleh LPA Jawa Timur dalam menyelenggarakan advokasi perlindungan anak sudah sesuai dengan konsep penyelenggaraan perlindungan anak. Hal ini terlihat dari upaya advokasi yang dilakukan oleh kedua lembaga tersebut sudah termasuk upaya-upaya yang dapat menurunkan tingkat kekerasan terhadap anak, yaitu meliputi upaya preventif/pencegahan, upaya edukatif/pendidikan, upaya represif/penindakan, upaya kuratif/penyembuhan, dan upaya rehabilitatif/pemulihan. Kedua, upaya advokasi perlindungan anak yang dilakukan oleh PPT Provinsi Jawa Timur maupun LPA Jawa Timur sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Namun, masih ada upaya advokasi yang belum terlaksana dengan baik dan perlu dibenahi, seperti edukasi hak-hak anak yang masih belum merata dan belum adanya penjangkauan secara aktif terhadap keluarga yang berisiko. PPT dan LPA Jawa Timur selaku pihak yang melakukan advokasi perlindungan anak disarankan untuk dapat lebih meningkatkan kinerjanya dalam penyelenggaraan perlindungan terhadap anak, khususnya dalam melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat melalui seminar, kuliah umum, maupun diskusi publik agar masyarakat dapat lebih memahami pentingnya perlindungan terhadap hak-hak anak serta dapat menurunkan tingkat kekerasan terhadap anak yang terjadi di Jawa Timur. Masyarakat juga diharapkan mampu untuk lebih aktif berpartisipasi dalam penyelenggaraan perlindungan anak dengan cara melaporkan segala bentuk tindak kekerasan yang terjadi terhadap anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arta, Mohamad Ganesha Edityaganeshaeditya41@gmail.comC91216109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Muflikhatulmuflikhakhoiroh@gmail.com2016047002
Subjects: Anak
Hukum
Keywords: Advokasi perlindungan anak; Pusat pelayanan terpadu; Lembaga perlindungan anak.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: MOHAMAD GANESHA EDITYA ARTA
Date Deposited: 02 Feb 2021 21:53
Last Modified: 02 Feb 2021 21:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46144

Actions (login required)

View Item View Item