Pengaruh bakteri kitinolitik dan Bacillus thuringiensis hasil biakan pada air rendaman kedelai terhadap mortalitas larva Aedes aegypti L.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ajeng, Rohmawati (2021) Pengaruh bakteri kitinolitik dan Bacillus thuringiensis hasil biakan pada air rendaman kedelai terhadap mortalitas larva Aedes aegypti L. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ajeng Rohmawati_H01217001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Aedes aegypti merupakan salah satu vektor penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Seringkali terjadi peningkatan jumlah kasus DBD pada setiap tahunnya, maka dari itu pengendalian terhadap penyakit ini perlu dilakukan. Bacillus thuringensis dan bakteri kitinolitik (Klebsiella ozaena dan Pseudomonas pseudomalei) merupakan bakteri yang berpotensi untuk membunuh larva Aedes aegypti. Berdasarkan masing-masing potensi yang dimiliki maka perlu dialkukan pembiakan untuk mengoptimalkan manfaatnya melalu media yang murah. Penelitian ini bertujuan mendapatkan media alternatif untuk pertumbuhan bakteri kitinolitik dan Bacillus thuringiensis yang murah dan mudah didapatkan tanpa mengurangi tingkat patogenisitasnya terhadap serangga target. Penelitian ini menggunakan RAL dengan 4 perlakuan bakteri, yaitu bakteri Bacillus thuringiensis, bakteri Klebsiella ozaena, bakteri Pseudomonas pseudomalei, dan kombinasi Klebsiella ozaena dan Pseudomonas pseudomalei. Dari viabilitas bakteri yang dihasilkan pada media air limbah kedelai sebesar 101x105 pada Bacillus thuringiensis, 119x105 pada Klebsiella ozaena, dan 185x105 pada kombinasi bakteri Klebsiella dan Pseudomonas. Rata-rata mortalitas larva Aedes aegypti tertinggi mencapai 100% pada perlakuan Bacillus thuringiensis konsentrasi 1,31 %. Berdasarkan pada uji statistik yang dilakukan maka diperoleh nilai signifikasi < 0,05. Hasil analisis probit diperoleh nilai Lc50 terkecil 0,3219 % pada Bacillus thuringiensis, dan nilai Lc50 tertinggi 1,8944 % pada bakteri Klebsiella ozaena. Kesimpulannya adalah bakteri kitinolitik dan Bacillus thuringiensis yang ditumbuhkan pada media air limbah rendaman kedelai, memiliki pengaruh terhadap mortalitas larva Aedes aegypti L.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ajeng, Rohmawatiajengrohmawati999@gmail.comH01217001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Irulirul_hidayati@uinsby.ac.id198102282014032001
Thesis advisorTyastirin, Estiesty@uinsby.ac.id2024068702
Subjects: Biologi
Keywords: Aedes aegypti; Bacillus thuringiensis; kitinolitik; Biolarvasida.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: ajeng rohmawati kuswanto
Date Deposited: 04 Feb 2021 10:10
Last Modified: 04 Feb 2021 10:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46151

Actions (login required)

View Item View Item