Makna sunatullah dalam buku “Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini”: analisis wacana model Fairclough

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurcahyo, Aliffatul (2021) Makna sunatullah dalam buku “Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini”: analisis wacana model Fairclough. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aliffatul Nurcahyo_B91217062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah makna Sunatullah dalam buku NKCTHI dianalisis dari level teks, praktik wacana, dan praktik sosio-kultural. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis wacana model Norman Fairclough. Penelitian ini menyimpulkan bahwa makna Sunatullah pada level analisis teks, Marchella FP menggunakan diksi yang tidak biasa untuk memberikan kesan yang dalam bagi pembacanya, di antaranya adalah makna Sunatullah dalam kalimat “semesta bekerja”. Makna Sunatullah pada praktik wacana memperlihatkan produksi teks yang merujuk pada realitas, di mana terkadang saat manusia telah pasrah, maka saat itulah kuasa Allah bekerja dan konsumsi teks yang dilakukan secara offline maupun online yang menghasilkan interpretasi relate. Makna Sunatullah pada level praktik sosio-kultural dipengaruhi oleh tiga dimensi, yaitu; situasional sebagai tindakan masyarakat yang cenderung pasrah dan percaya akan Sunatullah, institusi yang netral atau tidak memihak, dan sosial sebagai pengingat, motivasi, inspirasi, serta pengubah mindset untuk memandang dunia ini secara sederhana, yaitu dengan tawakal dan senantiasa percaya akan sunatullah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurcahyo, Aliffatulaliffatulnurcahyo88@gmail.comB91217062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Buku
Keywords: NKCTHI; Sunatullah; Analisis Wacana Fairclough.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aliffatul Nurcahyo
Date Deposited: 02 Feb 2021 20:58
Last Modified: 02 Feb 2021 20:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46165

Actions (login required)

View Item View Item