Penggunaan analisis SWOT dalam Bauran Pemasaran KPR Islamic Non Banking: studi kasus : D Ahsana Property Syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nengseh, Rahayu Putri (2020) Penggunaan analisis SWOT dalam Bauran Pemasaran KPR Islamic Non Banking: studi kasus : D Ahsana Property Syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahayu Putri Nengseh_G04216071.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan, faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman yang dimiliki perusahaan serta bauran pemasaran yang diterapkan oleh D Ahsana Property Syariah berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung kepada perspektif subjek. Penelitian deskriptif merupakan bagaimana penulis menggambarkan dan mendeskripsikan fenomena yang terjadi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini penulis melakukan kunjungan langsung ke kantor pusat D Ahsana Property Syariah untuk melakukan wawancara dengan Direktur marketing pusat D Ahsana Property Syariah yaitu Bapak Irfan S Roniadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis lingkungan internal antara lain teamwork yang bagus dan solid, sistem syariah terbaik, proses administrasi yang mudah, Ahsana merupakan kata kunci popular di google search, tidak melibatkan bank, pelopor property syariah di Indonesia, dan calon pembeli bebas memilih rumah dan lokasi. Sedangkan kelemahannya yaitu tidak bisa memaksimalkan database calon user, tidak memiliki admin, lemahnya marketing internal, lemahnya sistem ACT, harga produk mahal, merasa sudah unggul dan belum memiliki identitas yang sama di setiap site. Pada analisis lingkungan eksternal, peluang yang dimiliki antara lain sistem ACT yang dapat meningkatkan penjualan, peminat dan trend syariah yang semakin meningkat, banyak lahan strategis, dan masih minimnya penyedia property syariah dengan harga murah. sedangkan ancamannya yaitu terdapat property syariah abal-abal, kompetitor dengan harga murah, target tidak sesuai dan kurangnya kepercayaan dan pemahaman masyarakat. Strategi bauran pemasaran yang diterapkan berdasarkan analisis SWOT yaitu Product (produk), perusahaan berusaha senantiasa meningkatkan kualitas produk agar sebanding dengan harga yang ditawarkan. Place (lokasi), perusahaan senantiasa mencari lahan yang strategis dalam pembangunan rumah karena semakin strategis lokasi tersebut sangat menentukan keputusan pembelian. Promotion (promosi), perusahaan senantiasa melakukan promosi melalui media sosial karena banyaknya peluang disitu serta media lainnya, melihat pola konsumen saat ini yang mencari produk melalui digital marketing. Phsycal Evidence, Ahsana senantiasa berusaha memperbaiki dan menyamakan wajah kantor Ahsana di semua site, konsumen akan nyaman apabila suasana kantor nyaman dan enak dilihat. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, SWOT, KPR Islamic Non Banking

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nengseh, Rahayu Putrirahayuputriin@gmail.comG04216071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Subjects: Pemasaran
Keywords: Bauran Pemasaran; SWOT; KPR Islamic Non Banking.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: rahayu putri
Date Deposited: 04 Feb 2021 04:51
Last Modified: 04 Feb 2021 04:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46167

Actions (login required)

View Item View Item