Analisis Yuridis terhadap ketahanan keluarga di masa pandemi Covid 19: studi kasus keluarga pekerja harian lepas Desa Balongwono Trowulan Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Nur (2020) Analisis Yuridis terhadap ketahanan keluarga di masa pandemi Covid 19: studi kasus keluarga pekerja harian lepas Desa Balongwono Trowulan Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Azizah_C91216117.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Analisis Yuridis Terhadap Ketahanan Keluarga Pekerja Harian Lepas Di Masa Pandemi Covid 19 Kabupaten Mojokerto merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab bagaimana ketahanan keluarga pekerja harian lepas di masa pandemi covid 19 Desa Balongwono serta untuk menjawab bagaimana analisis yuridis terhadap ketahanan keluarga pekerja harian lepas di masa pandemi covid 19 Desa Balongwono. Data penelitian dihimpun melalui wawancara dan dokumentasi untuk mencari jawaban dari permasalahan yang ada. Kemudian dianalisis dengan metode kualitatif dengan pola pikir deduktif yakni melakukan penggambaran dengan hasil penelitian secara sistematis kemudian penulis memberikan jawaban dengan teori yang bersifat khusus. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada beberapa keluarga pekerja harian lepas yang di masa pandemi covid 19 saat ini tidak bisa menjaga ketahanan keluarganya, dan ada juga keluarga yang masih bisa menjaga ketahanan keluarganya. Ketahanan keluarga tersebut dilihat dari konsep ketahanan dan kesejahteraan keluarga pada Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Nomor 6 Tahun 2013 tentang pelaksanaan pembangunan keluarga, dan juga dilihat dari Undang-undang Perkawinan Nomor 1 tahun 1974. Ketika sebuah keluarga tidak memiliki unsur-unsur ketahanan keluarga, maka tingkat ketahanan keluarga tersebut tergolong lemah. Sejalan dengan kesimpulan di atas, dalam kondisi apapun semua anggota keluarga perlu untuk tetap menjaga ketahanan keluarganya supaya bisa tetap tentram, harmonis, sakinah dan bahagia. Keuletan, ketangguhan dan unsur-unsur kesakinahan dan ketahanan keluarga yang lain sangat perlu untuk difahami dan dilakukan dalam menjalani kehidupan berkeluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Nurjeje.charzah3105@gmail.comC91216117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahir, Mahirmahir.uinsby.ac.id197212042007011027
Subjects: Keluarga > Keluarga Islam
Keywords: ketahanan keluarga; Pandemi Covid 19.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: nur azizah
Date Deposited: 08 Feb 2021 06:22
Last Modified: 08 Feb 2021 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46179

Actions (login required)

View Item View Item