Pengaruh pembelajaran PAI Berbasis Adiwiyata terhadap sikap peduli lingkungan siswa Kelas VII SMPN 3 Peterongan Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arisma, Lia (2020) Pengaruh pembelajaran PAI Berbasis Adiwiyata terhadap sikap peduli lingkungan siswa Kelas VII SMPN 3 Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lia Arisma_D91216105.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam rumusan masalah yakni: (1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis adiwiyata di kelas VII SMPN 3 Peterongan Jombang? (2) Bagaimanakah sikap peduli lingkungan siswa kelas VII SMPN 3 Peterongan Jombang? (3) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran PAI berbasis adiwiyata terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas VII SMPN 3 Peterongan Jombang? Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan sampel yang berjumlah 32 siswa. Penelitian berlokasi di SMPN 3 Peterongan Jombang. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan uji regresi linear sederhana. “Adapun hasil dalam penelitian ini adalah (1) Dari hasil angket 32 responden pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis adiwiyata di SMPN 3 Peterongan Jombang secara umum dilakukan dengan sangat baik, hal ini dibuktikan dengan hasil skor rata-rata yang didapatkan adalah 4,47. Hasil ini didapatkan karena kolaborasi baik dari guru yang profesional dalam mengajar serta peran aktif siswa dalam mengikuti proses pembelajaran (2) Sikap peduli lingkungan siswa kelas 7 di SMPN 3 Peterongan Jombang dikategorikan sangat baik karena hasil skor rata-rata yang didapatkan adalah 4,55. Terlihat dari kebiasaan siswa untuk selalu menjaga kebersihan sekolah, merawat kelestarian lingkungan sekolah serta mendukung jalannya program adiwiyata di sekolah. (3) Hasil rangkaian uji asusmsi yang kemudian dianalisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis adiwiyata dengan sikap peduli lingkungan siswa kelas 7 di SMPN 3 Peterongan Jombang. Dibuktikan dengan uji regresi linear sederhana yang menunjukkan signifikansi sebesar 0,021 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAI berbasis adiwiyata berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan siswa (Ha)”

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arisma, Lialiaarisma97@gmail.comD91216105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.com2027047401
Subjects: Lingkungan Hidup
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran PAI; Berbasis Adiwiyata; Sikap Peduli Lingkungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lia Arisma
Date Deposited: 03 Feb 2021 18:00
Last Modified: 03 Feb 2021 18:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46183

Actions (login required)

View Item View Item