Pengembangan model resistensi pengguna sistem informasi berdasarkan social influence dan dispositional resistance to change theory

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahputri, Karina (2021) Pengembangan model resistensi pengguna sistem informasi berdasarkan social influence dan dispositional resistance to change theory. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Karina Syahputri_H06216012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang terjadi pada era saat ini tentunya sudah tidak asing lagi. Para ahli teknologi berlomba untuk menciptakan inovasi terbaru seperti salah satu contohnya yaitu sistem informasi demi membantu pekerjaan manusia agar lebih terstruktur dan mudah. Namun pada prakteknya, implementasi sistem informasi seringkali tak berjalan sesuai rencana bahkan banyak ditemukan kegagalan. Salah satu faktor yang paling banyak dikaji untuk saat ini yaitu faktor sumberdaya individu. Tujuan penelitian ini akan membuktikan adakah faktor kegagalan sistem yang dipengaruhi lingkungan eksternal. Penyebaran kuesioner yang berisi mengenai permasalahan yang berupa pernyataan, selanjutnya dikelompokkan sesuai variabelnya. Penelitian ini menggunakan studi kasus SKEK yang ada di UIN Sunan Ampel Surabaya. Menggabungkan 2 teori mengenai resistensi, dispositional resistance to change dan social influence (salah satu variabel dalam teori UTAUT 2). Mengambil sample mahasiswa aktif UIN Sunan Ampel Surabaya. Dengan variabel moderasi yaitu gender. Peneliti menggunakan metode SEM PLS dengan bantuan software smartpls. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan antar variabel satu dengan yang lainnya apakah ada pengaruh resistensi yang terjadi. Dengan demikian, kontribusi penelitian ini dapat menjawab bahwa faktor eksternal dapat mempengaruhi kegagalan implementasi sistem informasi.

Kata kunci: SKEK, SEMPLS, Dispositional Resistance to Change, Gender, Social Influence.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahputri, Karinakarinasyahputri@gmail.comH06216012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYalina, Nitanitayalina@uinsby.ac.id2008028702
Thesis advisorAmrozi, Yusufyusufamrozi@gmail.com2003077601
Subjects: Komputer
Manajemen
Teknologi
Keywords: SKEK; SEMPLS; Dispositional Resistance to Change; Gender; Social Influence.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Karina Syahputri
Date Deposited: 03 Feb 2021 22:59
Last Modified: 03 Feb 2021 22:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46186

Actions (login required)

View Item View Item