Eksistensi hak perempuan dalam rancangan undang - undang penghapusan kekerasan seksual

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Diandini Fidausi (2020) Eksistensi hak perempuan dalam rancangan undang - undang penghapusan kekerasan seksual. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diandini Firdausi Hidayat_I71216059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : 1.) Bagaimana eksistensi hak perempuan dalam Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual: 2.) mengetahui bagaimana dinamika pro kontra Rancangan Undang-Undnag Penghapusan Kekerasan Seksual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dipaparkan dengan narasi yang diperoleh dari data yang dihimpun dengan cara wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Informasi diperoleh dengan mengolah data menggunakan metode reduksi dan triangulasi. Konsep teori yang digunakan adalah konsep gender, feminisme, dan kekerasan seksual. Hasil yang didapatkan adalah : 1.) RUU Penghapusan Kekerasan Seksual mengakomodir hak-hak korban kekerasan seksual yang termasuk dalam 9 jenis kekerasan seksual juga hak atas perlindungan, penanganan, dan pemulihan tidak hanya kepada korban tetapi juga terhadap keluarga dan saksi. 2.) Dinamika pro kontra RUU PKS cukup memanas, tidak hanya di kalangan organisasi masyarakat, tetapi juga di internal DPR sendiri. Beragam wacana yang berkembang di masyarakat dari persoalan yang positif maupun negatif yang semakin menjauhkan substansi yang diusung dalam RUU PKS sebagai solusi terhadap tingginya kekerasan seksual di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Diandini Fidausidian.dini09@gmail.comI71216059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Aniekaniekn@gmail.com2007096902
Subjects: Kekerasan
Wanita
Hak Asasi Manusia
Keywords: Perempuan, Kekerasan, Eksistensi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Diandini Firdausi Hidayat
Date Deposited: 03 Feb 2021 13:33
Last Modified: 03 Feb 2021 13:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46203

Actions (login required)

View Item View Item