Pola komunikasi interpersonal pengasuh dengan anak asuh di Panti Asuhan Al Amin Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviani, Rihadatul Aisy (2021) Pola komunikasi interpersonal pengasuh dengan anak asuh di Panti Asuhan Al Amin Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rihadatul Aisy Oktaviani_B05217050.pdf

Download (3MB)

Abstract

Interpersonal Pengasuh Dengan Anak Asuh di Panti Asuhan Al-Amin Gresik. Anak-anak di panti asuhan berhak untuk hidup dengan layak seperti dalam sebuah keluarga. Komunikasi yang dilakukan pengasuh untuk menjalin ikatan kekeluargaan dengan anak asuh memerlukan adanya pola komunikasi dalam merawat dan mendidik anak asuh agar menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam penelitian ini peneliti memilih panti Asuhan Al-Amin Gresik, yang jarang terjadi konflik baik antar pengasuh maupun anak asuh. Berdasarkan latar belakang tersebut timbul pertanyaan bagaimana pola komunikasi dan hambatan yang dialami dalam proses komunikasi oleh pengasuh kepada anak asuh. Maka penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan pola komunikasi serta hambatan-hambatan yang dialami pengasuh dalam berkomunikasi dengan anak asuh Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan interaksi simbolik yang datanya didapatkan melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung di lapangan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik vang dipopulerkan oleh Mead dan Blumer. Hasil penelitian kali ini dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi Interpersonal vang dilakukan pengasuh dengan anak asuh adalah pola linear dan pola sirkular. Hambatan masih dijumpai dalam proses komunikasi seperti perbedaan kharakter anak asuh, perbedaan usia yang cukup jauh membuat anak asuh segan dalam bercerita serta kurangnya pengasuh professional yang tinggal menetap di asrama panti asuhan. Kata

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviani, Rihadatul Aisyrihadatulo@gmail.comB05217050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBustomi, Abu Amaraa.bustomi@yahoo.com197102042005011004
Subjects: Panti Asuhan
Keywords: Pola Komunikai Interpersonal; Pengasuh.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rihadatul Aisy Oktaviani
Date Deposited: 04 Feb 2021 10:42
Last Modified: 04 Feb 2021 10:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46214

Actions (login required)

View Item View Item