Akulturasi budaya lokal-indies pada arsitektur Masjid Baitur Rohman (Munder) Desa Tukum Kabupaten Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wildayati, Wildayati (2021) Akulturasi budaya lokal-indies pada arsitektur Masjid Baitur Rohman (Munder) Desa Tukum Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wildayati_A92217142a.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul: Akulturasi Budaya Lokal-Indies Pada Arsitektur Masjid Baitur Rohman (Munder) Desa Tukum Kabupaten Lumajang ini berfokus pada tiga pertanyaan tentang; (1) Sejarah berdirinya Masjid Baitur Rohman (Munder), (2) Fungsi Masjid Baitur Rohman (Munder), dan (3) Wujud akulturasi budaya lokal-Indies pada arsitektur Masjid Baitur Rohman (Munder). Penelitian ini menggunakan pendekatan arkeologi dan analisis teori akulturasi oleh Koentjaraningrat, yang menyatakan bahwa wujud kebudayaan merupakan perpaduan dua atau lebih unsur kebudayaan yang menyatu, tanpa menghilangkan unsur kebudayaan lokalnya. Pendekatan arkeologi difokuskan pada analisis arsitektur bangunan Masjid Baitur Rohman, baik di masa lampau, dan perkembanganya saat ini. Dalam kaitannya dengan pengumpulan data, penelitian ini mengacu pada tahapan metode sejarah yakni heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Dari proses analisis didapatkan kesimpulan bahwa, 1) Masjid Baitur Rohman (Munder) didirikan pada tahun 1914-1916 oleh Kyai. Pendirian masjid ini dilatarbelakangi oleh perkembangan jumlah santri yang semakin banyak, sehingga tidak tertampung lagi di mushola yang ada sebelumnya. 2) Dalam sejarahnya Masjid Baitur Rohman (Munder) menjadi pusat aktivitas religi atau keagamaan masyarakat. 3) Wujud akulturasi dalam arsitektur Masjid Baitur Rohman (Munder) dijumpai pada desain arsitektur eksterior maupun interiornya. Dimana terlihat jelas ada karakteristik kebudayaan lokal dan kebudayaan budaya Indies.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wildayati, Wildayatiwildayati8@gmail.comA92217142
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDKhodafi, Mohammadm.khodafi@uinsby.ac.id2029117202
Subjects: Arsitektur
Akulturasi
Budaya
Keywords: akulturasi budaya, arsitektur masjid, budaya lokal, budaya Indies.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Wildayati Wilda
Date Deposited: 05 Feb 2021 08:22
Last Modified: 05 Feb 2021 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46227

Actions (login required)

View Item View Item