Identifikasi bakteri gram negatif Air Liur Anjing (Canis lupus familiaris) dan Kucing (Felis catus domesticus) menggunakan Gen 16S rRNA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aldania, Amalia Arsya (2021) Identifikasi bakteri gram negatif Air Liur Anjing (Canis lupus familiaris) dan Kucing (Felis catus domesticus) menggunakan Gen 16S rRNA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalia Arsya Aldania_H71216049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing memiliki kontak yang erat dengan manusia. Namun kedua hewan tersebut dapat menjadi salah satu vektor penyebaran zoonosis. Salah satu agen zoonosis adalah bakteri, terutama golongan gram negatif. Bakteri gram negatif mempunyai kemampuan untuk menghasilkan endotoksin. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui jumlah dan macam spesies bakteri yang berhasil diidentifikasi dari anjing dan kucing peliharaan yang divaksin maupun tidak. Metode yang digunakan yaitu identifikasi berdasarkan penanda gen 16S rRNA. Sampel saliva berasal dari masing-masing satu anjing dan kucing peliharaan tanpa vaksinasi dan dengan vaksinasi. Pengambilan sampel dengan cara mengapitkan kapas kasa pada vestibular cavity, kemudian diencerkan berseri hingga 10-3. Bakteri ditumbuhkan pada media MacConkey Agar (MCA) dan Nutrent Broth (NB). Selanjutnya dilanjutkan ke serangkaian tahap molekuler dimulai dari ekstraksi DNA, amplifikasi PCR, elektroforesis, dan sekuensing. Analisis hasil untuk identifikasi spesies menggunakan program BLAST NCBI. Hasil spesies bakteri yang diperoleh dari kucing tidak divaksin adalah Klebsiella pneumoniae dan Enterobacter hormaechei, sedangkan anjing tanpa vaksinasi yakni Klebsiella pneumoniae, Escherichia coli, Serratia marcescens, Proteus sp., dan Providencia rettgeri. Pada anjing peliharaan divaksin terdapat Stenotrophomonas maltophilia dan kucing divaksinasi yaitu Serratia marcescens.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aldania, Amalia Arsyaalsyadan97@gmail.comH71216049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsby.ac.id0705128601
Subjects: Biologi
Keywords: Kucing peliharaan; Anjing peliharaan; Bakteri gram negatif; 16S rRNA; MacConkey Agar.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Amalia Arsya Aldania
Date Deposited: 07 Feb 2021 04:27
Last Modified: 07 Feb 2021 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46234

Actions (login required)

View Item View Item