Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui inovasi kerajinan tangan di Pondok Pesantren Shohihuddin Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Farah Nur (2020) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui inovasi kerajinan tangan di Pondok Pesantren Shohihuddin Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farah Nur Azizah B02216015.pdf

Download (17MB)

Abstract

Pondok pesantren Shohihuddin merupakan pondok pesantren yang hanya menyediakan pelayanan pendidikan formal agama seperti tahfidz qur’an, mengaji kitab, dan tafsir Al-Qur’an. Namun bidang nonformal yang berupa pendidikan akan kewirausahaan dan keterampilan bagi para santri putri pra lulus tidak ada. Pendampingan yang fasilitator lakukan berdasarkan atas penggalian potensi yang ada di santri putri Pondok Pesantren Shohihuddin Surabaya, salah satunya adalah dalam bidang menjahit. Maka tentang pelatihan pengembangan keterampilan santri putri dalam bidang kewirausahaan yang didalamnya berisi pelatihan keterampilan menjahit dengan memanfaatkan media pita dan spunbond. Pendampingan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), yang mengutamakan pemanfaatan aset dan potensi yang ada disekitar yang dimiliki oleh setiap individu maupun komunitas. Aset yang dimiliki oleh setiap individu jika dikembangkan dan dioptimalkan secara maksimal akan menjadi kekuatan atau potensi bagi dirinya sendiri maupun bagi komunitas. Strategi yang digunakan dalam pendampingan ini adalah dengan melakukan pelatihan pembuatan kerajinan bucket dari kain flannel, selain itu dibentuk pula kelompok yang terdiri dari santri putri dalam rangkah untuk melanjutkan dan mengembangkan pelatihan yang telah dilakukan sebelumnya menjadi sebuah bentuk wirausaha baru bagi santri. Adapun hasil yang diperoleh dari setiap lagkah yang telah dilaksanakan oleh santri putri melalui pelatihan membuat bucket bunga dari kain flanel adalah santri putri merasakan ada minat tersendiri untuk mempelajari lebih lanjut mengenai keterampilan membuat bucket bunga flanel ini. Bahkan ada dari mereka yang ingin melanjutkan pelatihan ini untuk membuat bucket bucket flanel yang lainnya. Karena berencana ingin membuka usaha sendiri dari pengolahan kain flanel ini setelah lulus dari pondok pesantren di masa yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Farah Nurfarahnurazizah.16@gmail.comB02216015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, M. Munir--2017035901
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; Kewirausahaan; Pondok Pesantren.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Farah Nur Azizah
Date Deposited: 06 Feb 2021 11:04
Last Modified: 06 Feb 2021 11:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46242

Actions (login required)

View Item View Item