Implementasi program penanggulangan dan penyalagunaan narkoba di kalangan milenial di Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prihandini, Puspita (2021) Implementasi program penanggulangan dan penyalagunaan narkoba di kalangan milenial di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Puspita Prihandini_I71216049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang “Implementasi Program Penanggulangan dan Penyalagunaan Narkoba di Kalangan milenial di Kabupayen Sidoarjo”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Implementasi Program Penanggulangan dan Penyalagunaan Narkoba di Kalangan Milenial di Kabupaten Sidoarjo. Adapun rumusan masalah apa saja Program BNNK Sidoarjo dalam penanggulangan dan penyalagunaan narkoba di Kabupaten Sidoarjo dan bagaimana implementasi BNNK Sidoarjo dalam menerapkan program penanggulangan dan penyalagunaan narkoba di Kabupaten Sidoarjo. Untuk menjawab permasalahn ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupawawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuratif dengan cara menganalisis dan mengelola data yang sudah di dapat saat melakukan wawancara. Data yang sudah terkumpul dari hasilterjun lapangan dan tanggapan peneliti, gambar, foto, dokumen berupa laporan, biografi, artikel dan sebagainya. Pekerjaan analisis data dalam hal ini ialah untuk mengatur, mengurutkan mengelompokan, memberikan kode dan mengkategorisasikan. Teori yang dijabarkan dalam penelitian ini adalah teori Implementasi Kebijakan. Temuan dalam penelitian ini ialah bagaimana penerapan kebijakan yang telah dibuat oleh BNNK Sidoarjo untuk menanggulangi penggunaan narkoba, khususnya generasi milenial. Apa saja program yang dilakukan BNNK Sidoarjo dalam menerapkan kebijakan penanggulangan dan penyalagunaan narkoba di Kabupaten Sidoarjo, BNNK Sidoarjo sendiri memiliki pedoman pada PERDA Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Fasilita, Pencegahan, Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkoba. Upaya penanggulangan atau pencegahan narkoba sendiri harus dilakukan secara sistematis dengan memberikan berbagai seluruh komponen masyarakat. Dari keluarga, Lembaga pendidikan lingkungan sekitar dan yang lain. Ada lima langkah penanggulangan narkoba yaitu, pertama promotif dan preventif merupakan program yang diperuntunkan untuk memberi penyuluhan tentang hidup sehat dan juga penyuluhan secara rinci tentang narkoba. Program selanjutnya kuratif dan rehabilitative merupakan program yang memberikan penyembuhan kepada mereka yang sudah kecanduhan dalam menggunakan narkoba. Dan yang terkahir yaitu represif merupakan program penindak lanjutan terhadap para pengguna narkoba, bukan Cuma pengguna saja namun pengedar dan penjual juga ditindak lanjuti dengan ketentuan hukum yang berlaku. Dan program ini menjadi wewenang instansi pemerintah yang berkewajiban mengawasi dan mengendalikan produksi maupun distribusi itu menyebar. Dalam hal ini generasi milenial mempunyai peran penuh dalam penyebaran narkoba di Kabupaten Sidoarjo khususnya, karena mereka menjadi generasi penerus. Mereka para generasi milenial ini perlu diberi perhatian khusus agar lebih terhindarkan dari penyuluhan narkoba.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prihandini, Puspitaprihandinipuspita@gmail.comI71216049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Zakyzaky.politikislam@gmail.com2030128201
Subjects: Narkotika
Keywords: Implementasi; Penanggulangan; Generasi Milenial; Narkoba .
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Puspita Prihandini
Date Deposited: 07 Feb 2021 00:11
Last Modified: 07 Feb 2021 00:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46247

Actions (login required)

View Item View Item