Metode memahami Alquran dan realitas kehidupan perspektif Emha Ainun Nadjib

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faen, Muhamad Ali Asri (2020) Metode memahami Alquran dan realitas kehidupan perspektif Emha Ainun Nadjib. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Ali Asri Faen_F02518202.pdf

Download (4MB)

Abstract

Emha Ainun Nadjib merupakan seorang budayawan yang memahami Alquran dengan metode dan cara yang berbeda, yaitu dengan menerapkan metode tadabur Alquran. Pemahamannya terhadap Alquran kemudian difungsikan sebagai cara pandang memahami realitas kehidupan. Kenyataan yang unik dan berbeda itu membuat penulis tertarik dan merasa penting untuk diangkat menjadi kajian dalam bentuk penelitian Tesis. Dengan berpedoman pada rumusan masalah antara lain; pertama, bagaimana metode memahami Alquran perspektif Emha Ainun Nadjib. Kedua, bagaimana penerapan metode memahami Alquran perspektif Emha Ainun Nadjib. Ketiga, apa manfaat memahami Alquran sebagai metode memahami realitas kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan mengambil bentuk kualitatif (qualitative research). Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitis kritis yaitu, mendeskripsikan penerapan metode memahami Alquran perpektif Emha Ainun Nadjib, kemudian dilakukan analisis terhadap pemahaman tersebut dengan menggunakan metode analisis kritis. Hasil penelitian ini antara lain; pertama, metode memahami Alquran perspektif Emha Ainun Nadjib adalah metode tadabbur Alquran yang membawa makna Alquran ke dalam makna majazi atau tersembunyi, dan ke dalam realitas kehidupan yang nyata, serta ke dalam perenungan-perenungan. Kedua, penerapan metode memahami Alquran perpektif Emha Ainun Nadjib menghasilkan pemahaman Alquran yang tidak memberikan jawaban atas persoalan masyarakat, melainkan menghadirkan pertanyaan-pertanyaan sebagai bahan penghayatan terhadap realitas kehidupan. Ketiga, manfaat memahami Alquran sebagai cara memahami realitas kehidupan adalah dapat menjadi alternatif dalam merefleksikan realitas kehidupan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faen, Muhamad Ali Asrimaasrifaen@gmail.comF02518202
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasyim, Muh. Fathoni--195601101987031001
Thesis advisorKhotib, Khotib--196906082005011003
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Poligami
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Emha Ainun Nadjib; Metode Memahami Alquran; Realitas Kehidupan.
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Faen Muhamad Ali Asri
Date Deposited: 05 Feb 2021 13:46
Last Modified: 05 Feb 2021 13:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46255

Actions (login required)

View Item View Item