Implementasi teknik Self Talk untuk meningkatkan Self Awareness pada seorang mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Fais Nur (2021) Implementasi teknik Self Talk untuk meningkatkan Self Awareness pada seorang mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fais Nur Aini_B03217014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini melatar belakangi rendahnya Self Awareness yang dimiliki oleh mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya. Di mana ia tidak menyadari perilaku yang selama ini kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk ,(1) mengetahui proses pelaksanaan teknik Self Talk untuk meningkatkan Self Awareness rendah pada mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya. (2) Untuk mengetahui apakah hasil pelaksanaan teknik Self Talk dapat meningkatkan Self Awareness rendah pada mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya.Peneliti melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara dan observasi. Selanjutnya data yang peneliti dapatkan di lapangan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif, yaitu teori teknik Self Talk dipadukan dengan konsep teknik Self Talk di lapangan. Hasil penelitian menunjukan yaitu (1) Pelaksanaan teknik Self Talk ada tiga tahap yakni menyadarkan konseli mengenai pikiran irrasionalnya, mengubah pikiran dan perasaan negatif serta menentukan tujuan yang rasional dan mengembangkan pikiran rasional konseli. Dengan membandingkan perilaku sebelum dan sesudah dilakukannya proses konseling dengan teknik Self Talk. (2) Sehingga hasil penelitian yang menggunakan teknik Self Talk untuk meningkatkan Self Awareness berhasil mengubah keyakinan irrasionalnya, mengontrol emosi serta mengubah perilaku konseli ke arah yang lebih positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Fais Nurfaisaininur@gmail.comB03217014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, Srisriastutikfd@gmail.com195902051986032004
Subjects: Psikologi
Keywords: Teknik Self Talk; Self Awareness.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fais Aini
Date Deposited: 07 Feb 2021 07:26
Last Modified: 07 Feb 2021 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46280

Actions (login required)

View Item View Item