Upaya revitalisasi pemanfaatan sungai untuk peningkatan kualitas lingkungan di Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safa’at, Imam (2020) Upaya revitalisasi pemanfaatan sungai untuk peningkatan kualitas lingkungan di Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Safa'at B02216021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini terdapat beberapa rumusan permasalahan diantaranya yaitu Bagaimana kondisi sungai di Desa Gumeno?, bagaimana strategi yang tepat dalam revitalisasi pemanfaatan sungai untuk meningkatkan kualitas lingkungan?, dan bagaimana hasil proses pendampingan yang telah dilakukan dalam upaya revitalisasi memanfaatkan sungai untuk meningkatkan kualitas lingkungan?. Dari permasalahan yang diambil peneliti menggunakan metode penelitian PAR (Participatory Action Research) untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Proses yang dilakukan menghasilkan program kegiatan, yaitu; gerakan kampanye terkait dengan bahaya pencemaran air sungai sebagai upaya revitalisasi sungai, pembentukan kelompok perawat sungai, perencaan dan pelaksanaan program kerja kelompok penjaga sungai, dan penyusunan draf kebijakan pendukung upaya revitalisasi sungai. Tujuan revitalisasi sungai ini dilakukan untuk melakukan perubahan terhadap lesetarian lingkungan terutama pada air sungai yang telah terdegradasi. Upaya revitalisasi sungai ini merupakan suatu perubahan yang diinginkan oleh masyarakat untuk menuju kualitas kehidupan yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safa’at, ImamSafaatimam0706@gmail.comB02216021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Achmad Murtafiamharis05@gmail2004037002
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: Revitalisasi; PAR (Participatory Action Research); Sungai Desa Gumeno.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Imam Safaat
Date Deposited: 07 Feb 2021 10:49
Last Modified: 07 Feb 2021 10:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46290

Actions (login required)

View Item View Item