Tinjauan fiqh siyasah terhadap Eksistensi Asas Reformatio In Pieus di pengadilan tata usaha negara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Nurul Laeilatun (2021) Tinjauan fiqh siyasah terhadap Eksistensi Asas Reformatio In Pieus di pengadilan tata usaha negara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Laeilatun Ni'mah_C95216138 .pdf

Download (1MB)

Abstract

Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik penelitian normatif kemudian dianalisis secara kualialitatif, yaitu analisis yang bersifat mendeskripsikan data yang diperoleh dalam bentuk uraian kalimat dan kemudian ditarik kesimpulan yang merupakan jawaban dari permasalahan yang diuraikan di atas. Asas reformatio in peius tidak disebutkan dalam bunyi pasal manapun, namun dalam praktiknya di Pengadilan Tata Usaha masih sering dijumpai. Tidak diaturnya asas tersebut dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia ini mengakibatkan kerugian baik materiil ataupun immateriil bagi penggugat. Sehingga asas ini tumbuh sebagai yurisprudensi. Dalam hukum Islam, yurisprudensi telah lama dikenal sejak masa khulafaur rasyidin dengan ijtihad hakim. Adapun lembaga kehakiman masuk dalam wilayah al-madzalim. Adalah peradilan khusus untuk menangani masalah pemerintah dengan rakyatnya dan berkembang sampai sekarang (pengadilan administrasi negara). Untuk mencapai kepastian hukum, serta mengingatkan kembali para pembuat kebijakan bahwa masih banyak yang perlu dipenuhi misalnya penerapan asas reformatio in peius di Pengadilan Tata Usaha Negara. Baik dengan dikeluarkannya PERMA, SEMA ataupun peraturan perundang-undangan lainnya demi mewujudkan keadilan proporsional yang dicita-citakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Nurul Laeilatunlailatun.nimah6197@gmail.comC95216138
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRojak, Jeje Abduljejerozaq@yahoo.com2015106401
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Hukum > Hukum Tata Negara
Peradilan
Keywords: Reformatio In Peius; Eksistensi Asas Reformatio In Peius; Pengadilan tata usaha.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Nurul Ni'mah
Date Deposited: 09 Feb 2021 05:22
Last Modified: 09 Feb 2021 05:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46308

Actions (login required)

View Item View Item