Membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana Covid-19 melalui kelompok siaga di RW 05 Lidah Harapan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nada, Nur Akhmad Subakir Fatikhun (2021) Membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana Covid-19 melalui kelompok siaga di RW 05 Lidah Harapan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Akhmad Subakir Fatikhun Nada_B02216043.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas terkait membangun kampung siaga sebagai salah satu upaya penyelesain problem wabah penyebaran Covid-19 yang ada di RW 05 Kelurahan Lidah Wetan Surabaya. Penyebaran Covid-19 ini pertama kali muncul dari Kota Wuhan,Cina kemudian menyebar keseluruh penjuru dunia. Virus ini kemudian menjadi wabah yang sangat berbahaya yang menyerang seluruh dunia termasuk salah satunya Indonesia. Berbagai upaya terkait penaggulangan di Indonesia dilakukan, termasuk salah satunya adalah pembentukan kelompok siaga. Walaupun pada awalnya kelompok ini dibentuk sebelum adanya kampung Tangguh Jogo Suroboyo, namun dari saran beberapa tokoh masyarakat untuk mentranformasikan kelompok siaga ini menjadi kampung tangguh untuk memperkuat dalam menanggulangi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode PAR (Participatory Action Riset) dimana penelitian ini mengacu pada penyelesaian masalah yang ada di masyarakat dengan menitik beratkan peran masyarakat dalam berpartisipasi untuk menyelesaikan masalah. Permasalahan yang terjadi di masyarakat sendiri adalah belum adanya kelompok ataupun komunitas yang menginisiasi penangulangan wabah di masyarakat. Permasalahan lain di masyarakat juga masih belum adanya edukasi terkait wabah Covid-19, seta minimya kebijakan pemerintah dalam hal penanggulangan Covid-19.Dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat perubahan yang terjadi di masyarakat antara lain : terbentuknya kelompok siaga, tingginya kesadaran masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan serta terdapat dukungan pemerintah dalam penanggulangan bencana di daerah RW 05 Lidah Harapan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nada, Nur Akhmad Subakir Fatikhunfatikh.nada@gmail.comB02216043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Bencana alam
Masyarakat
Keywords: Pemberdayaan; siaga bencana; Covid-19.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nur Akhmad
Date Deposited: 08 Feb 2021 13:29
Last Modified: 08 Feb 2021 13:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46324

Actions (login required)

View Item View Item