Analisis pelaksanaan pinjaman usaha ekonomi produktif pada peningkatan pendapatan peminjam perspektif maslahah: studi pada pinjaman UEP Desa Sendang di Unit Pengelola Kegiatan Kecamatan Senori Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farika, Siti Nur (2020) Analisis pelaksanaan pinjaman usaha ekonomi produktif pada peningkatan pendapatan peminjam perspektif maslahah: studi pada pinjaman UEP Desa Sendang di Unit Pengelola Kegiatan Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Farika_G94216203.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Pelaksanaan Pinjaman Usaha Ekonomi Produktif pada Peningkatan Pendapatan Peminjam Perspektif Maslahah (Studi pada Pinjaman UEP Desa Sendang di Unit Pengelola Kegiatan Kecamatan Senori Kabupaten Tuban)”. Skripsi ini ditulis dengan adanya latar belakang fenomena yang ada di Desa Sendang yangmana masyarakat miskin disana membutuhkan bantuan pinjaman untuk modal membuka ataupun mengembangkan usaha, namun banyak dari mereka yang mengeluhkan sulit untuk dapat akses pinjaman di bank dan koperasi. Pinjaman UEP disini hadir sebagai salahsatu jalan untuk menuntaskan masalah permodalan yang dialami oleh masyarakat miskin di Desa Sendang. Jenis penelitian pada skripsi ini adalah penelitian kualitatif studi kasus yang bertujuan untuk menganalisis rumusan masalah atau pertanyaan mengenai bagaimana pelaksanaan pinjaman usaha ekonomi produktif pada peningkatan pendapatan peminjam di Desa Sendang dan bagaimana pinjaman usaha ekonomi produktif di Unit Pengelola Kegiatan Kecamatan Senori dalam perspektif maslahah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode pengamatan atau observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang terdiri dari pengurus UPK Kecamatan Senori, Kepala Desa Sendang, dan anggota peminjam dana usaha ekonomi produktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa UPK memiliki pedoman tersendiri terkait persyaratan, cara analisis, dan teknik mengatasi kredit macet yang tercantum dalam SOP tentang pelaksaan pinjaman Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Pelaksanaan pinjaman UEP mampu meningkatkan pendapatan peminjamnya selama dana tersebut digunakan untuk kebutuhan produkif pengembangan usaha. Beberapa peminjam yang tidak mengalami peningkatan pendapatan disebabkan karena dana pinjaman UEP disalahgunakan untuk kebutuhan konsumtif dan kurangnya manajemen dalam usaha mereka. Pinjaman UEP juga memberikan sebuah kemaslahatan bagi para peminjam yangmana dari adanya pinjaman tersebut dapat membawa kepada kesejahteraan ekonomi, serta keberadaan pinjaman usaha ekonomi produktif tergolong pada maslahah hajiyyah. Saran yang dapat penulis sampaikan terkait skripsi ini adalah bagi pengurus UPK sebaiknya lebih detail dalam menentukan siapa saja yang layak untuk mendapat pinjaman UEP dengan pertimbangan adanya kasus penyalahgunaan pemanfaatan dana untuk kebutuhan konsumtif, bagi peminjam UEP sebaiknya mempergunakan dana pinjaman UEP benar-benar untuk kebutuhan produktif dan lebih terbuka terkait kendala yang dihadapi dalam menjalankan usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farika, Siti Nurfarikarika16@gmail.comG94216203
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim.febi@gmail.com2004087004
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Keywords: Pinjaman usaha ekonomi produktif; peningkatan pendapatan; maslahah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Nur Farika
Date Deposited: 09 Feb 2021 05:49
Last Modified: 09 Feb 2021 05:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46336

Actions (login required)

View Item View Item