Biografi K.H Ahmad Hazim Amin dan peranannya dalam kajian Islam Desa Sumberrejo, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro Tahun 1982-2012

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismuhari, Tiara Ayu (2021) Biografi K.H Ahmad Hazim Amin dan peranannya dalam kajian Islam Desa Sumberrejo, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro Tahun 1982-2012. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tiara Ayu Ismuhari_A92216106.pdf

Download (1MB)

Abstract

Untuk menulis skripsi ini, penulis menggunakan metode biografi yang dilakukan dengan tahapan mencari pengalaman kehidupan tokoh yang bersifat objektif, menggali data biografi tokoh, memilih data, mengeksplorasi makna dari data, dan menghubungkan arti data. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiohistoris untuk mengetahui sejarah hidup K.H Ahmad Hazim maupun sejarah kajian islam dan perkembangannya serta faktor sosial yang mempengaruhi pendirian Kajian Islam juga dampak terhadap masyarakat. Dari penelusuran sumber primer maupun sekunder, peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Sejarah islamisasi Desa Sumberrejo mendapatkan pengaruh yang kuat dari Desa Cangaan, Kanor sebagai basis penyebaran dakwah agama islam melalui sektor ekonomi maupun pendidikan di sekitar tepian sungai Bengawan Solo baik oleh wali islam, pedagang, juga tokoh nasionalis islam 2) K.H Ahmad Hazim Amin merupakan ulama pendatang kharismatik yang lahir pada 1938 dan masyhur atas keilmuannya serta memiliki peranan dalam membentuk peradaban islam baru masyarakat Desa Sumberrejo melalui dakwah kajian Islam yang diadakan olehnya. 3) Kegiatan kajian islam Desa Sumberrejo ini memiliki fokus pembahasan utama tauhid dan purifikasi ajaran islam yang bertolak dari faktor sosial keagamaan masyarakat, kemudian mengalami perkembangan dimulai dari kajian dengan jamaah para remaja, beranjak kepada kajian dengan jamaah bapak-bapak, ibuk-ibuk kemudian jamaah umum dengan tema-tema tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismuhari, Tiara Ayutiaraayu371@gmail.comA92216106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Subjects: Biografi
Sejarah Peradaban Islam
Ulama
Keywords: Biografi K.H Ahmad Hazim Amin; Biografi; Peranan; Pernanan K.H Ahmad Hazim Amin.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ismuhari Tiara Ayu
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:58
Last Modified: 10 Feb 2021 05:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46362

Actions (login required)

View Item View Item