Pengaruh akuntabilitas vertikal dan akuntabilitas horizontal terhadap Laporan asurans independen dana kampanye: studi pada Parpol X dan Y di Jawa Timur dalam Pemilu 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizkyah, Ayunda Nur (2020) Pengaruh akuntabilitas vertikal dan akuntabilitas horizontal terhadap Laporan asurans independen dana kampanye: studi pada Parpol X dan Y di Jawa Timur dalam Pemilu 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayunda Nur Rizkyah_G72216028.pdf

Download (907kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Pengaruh Akuntabilitas Vertikal Dan Akuntabilitas Horizontal Terhadap Laporan Asurans Independen Dana Kampanye (Studi pada Parpol X dan Y di Jawa Timur dalam Pemilu 2019)" ini merupakan penelitian kuantitatifyang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yang pertama tentang pengaruh akuntabilitas vertikal terhadap laporan asurans independen dana kampanye; kedua tentang pengaruh akuntabilitas horizontal terhadap laporan asurans independen dana kampanye; dan ketiga terkait pengaruh akuntabilitas vertikal dan horizontal terhadap laporan asurans independen dana kampanye. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah 608 laporan dana kampanye partai politik dengan sampel 76 laporan dana kampanye partai politik yang telah di audit oleh KAP. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling.Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Akuntabilitas Vertikal berpengaruh positif terhadap laporan asurans independen dana kampanye yang berarti bahwa semakin baik pertanggungjawaban laporan dana kampanye kepada pihak dengan otoritas lebih tinggi maka opini patuh yang diperoleh dalam laporan asurans independen semakin tinggi; Akuntabilitas Horizontal tidak berpengaruh terhadap laporan asurans independen dana kampanye yang berarti pertanggungjawaban kepada publik tidak bisa dijadikan acuan dalam memberikan opini patuh dalam laporan asurans independen. Namun secara simultan akuntabilitas vertikal dan akuntabilitas horizontal berpengaruh positif terhadap laporan asurans independen dana kampanye. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti untuk KPU diharapkan memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada partai politik terkait penyusunan laporan dana kampanye agar partai politik dapat menyusun laporan dana kampanye sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Serta adanya KPU hams memberikan sanksi terhadap partai politik yang melanggar peraturan dalam penyusunan dan pelaporan dana kampanye.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizkyah, Ayunda Nurayundanurriz@gmail.comG72216028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustin--2008088302
Subjects: Akuntansi
Keuangan
Keywords: Akuntabilitas; Transparansi; Audit Dana Kampanye.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Ayunda Nur Rizkyah
Date Deposited: 13 Feb 2021 13:52
Last Modified: 13 Feb 2021 13:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46375

Actions (login required)

View Item View Item