Kreativitas kerajinan tangan dari Damen (upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat) Desa Tebuwung Dukun Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Roudlotus (2021) Kreativitas kerajinan tangan dari Damen (upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat) Desa Tebuwung Dukun Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roudlotus Sa’adah_B02216046.pdf

Download (6MB)

Abstract

Damen (Jerami) belum banyak yang dimanfaatkan secara optimal baik itu sebagai produk fisik, padahal jika diamati jerami memiliki nilai yang ekonomis untuk dimanfaatkan. Sejauh ini jerami hanya dibakar dan dibiarkan menumpuk tanpa diolah, dijual ke tengkulak, dan ada juga yang dikasihkan secara cuma-cuma kepada sang pemilik ternak. Proses Pendampingan yang memiliki pilar 5-D berbasis aset dengan tujuan melakukan Riset aksi untuk pendampingan masyarakat melalui salah satu aset yang mereka miliki yakni jerami padi sebagai produk kerajinan tangan yang siap jual untuk meningkatkan ekonomi masyarakat tentu menjadi kekuatan masyarakat dalam membangun kelompok yang kreatif dan inovatif sebagaiperubahan sosial yang diinginkan, kegiatan pembuatan produk kerajinan dari Jerami tentunya di dukung juga dengan pelatihan Marketing Online yang akan menuntun masyarakat untuk memasarkan produk kerajinan jerami padi yang lebih luas lagi. Dari subjek pendampingan dalam penelitian ini adalah kelompok Usaha Tani dan Pemuda desa yang akan menjadi contoh pengembangan potensi bakat kreatifitas yang inovatif dalam aset yang sekarang ini mereka fokuskan dengan program kegiatan yakni damen (jerami) yang dijadikan 4 produk kerajinan tangan yakni 2 tempat alat serbaguna, Frame 3D, dan juga Flower Jerami pemberdayaan ini juga memiliki konsep leacky bucket (ember bocor) artinya mempermudah menggerakkan masyarakat untuk mengidentifikasi dan menggali bentuk-bentuk aktivitas masyarakat, menggambarkan masyarakat secara sederhana sebagai alat yang berfungsi untuk mempermudah dalam mengenali berbagaiperputaran aset yang mereka miliki dan hasilnya bisa dijadikan untuk meningkatkan kekuatan dan membangun kesadaran secara bersama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Roudlotusprodistik.tutus2013@gmail.comB02216046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahriesdyah@gmail.com197804192008012014
Subjects: Ekonomi
Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Kreativitas jerami padi; Pendampingan; Ekonomi Masyarakat.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Roudlotus Sa'adah
Date Deposited: 10 Feb 2021 11:11
Last Modified: 10 Feb 2021 11:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46377

Actions (login required)

View Item View Item