Tahrif kitab Taurat Dan Injil dalam Alquran perspektif Muhammad Husain Thabathaba’i

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rafiuddin, Achmad (2021) Tahrif kitab Taurat Dan Injil dalam Alquran perspektif Muhammad Husain Thabathaba’i. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Rafiuddin_E93216053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang tahrif atau penyimpangan terhadap kitab Taurat dan Injil dalam Alquran. Tuduhan orang Islam bahwa kitab suci Yahudi dan Kristen telah dipalsukan, diubah dan diganti telah didiskusikan secara luas oleh sejumlah sarjana pada awal tahun 1877, Moritz Steinschneider menyajikan studi mendetil seputar tuduhan pemalsuan dalam karya Ibn Hazm, al-Ghazali dan Ibn Taymiyah. Kajian yang terbaru memperlihatkan bahwa para ulama muslim menjadikan tuduhan pemalsuan kitab suci sebagai bagian penting polemic mereka terhadap orang Yahudi dan Kristen. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana Muhammad Husain Thabathaba’i mengartikan tahrif atau penyimpangan. Thabathaba’i salah satu mufaassir yang menghindari klaim yang meragukan ke validan kitab suci dengan pandangannya sendiri. Dalam penelitian ini juga terdapat pendapat mufassir lain sebagai perbandingan. Seperti Jamal al-Din al-Qasimi, Syaikh Rahmatullah al-Kayranawi al-Hindi, Abul Kalam Azad, Rasyid Rida, dan Mughniyah. Poin dari penelitian ini adalah makna tahri fdari Muhammad Husain Thabathaba’i dalam kitab Al-Mizan dengan metode tahlili, sebuah metode yang tepat untuk menjawab permasalahan yang semakin kompleks. Peneliti juga memberikan analisis kritisnya dengan bantuan mufassir lain dalam menganalisis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rafiuddin, Achmadachmadrafiuddin@gmai.comE93216053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Thesis advisorUmar, Atho'illahdakatir@live.com197909142009011005
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Kitab Suci > Injil
Keywords: Tahrif; Tahlili; Tafsir.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: achmad rafie
Date Deposited: 16 Feb 2021 06:39
Last Modified: 16 Feb 2021 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46380

Actions (login required)

View Item View Item