Pluralisme Agama Baha'i dan Implementasi Pro Eksistensinya: studi kasus Umat Baha'i Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaifulloh, Akbar Arry (2021) Pluralisme Agama Baha'i dan Implementasi Pro Eksistensinya: studi kasus Umat Baha'i Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akbar Arry Syaiulloh_E92217044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemajemukan dalam beragama merupakan sebuah hal yang menjadi fitrah manusia. Namun beberapa orang menjadikan keberagaman ini sebagai hal yang harus diseragamkan. Dalam hal ini pandangan-pandangan tentang Pluralisme perlu untuk digaungkan kembali, dan ditunjang oleh sikap Pro Eksistensi sebagai alternative dalam beragama. Umat Baha‟i Surabaya mempunyai sebuah konsep pluralisme dan sikap beragama yang mendorong mereka dapat diterima dimasyarakat setempat. Dalam merekam objek Pluralisme dan Sikap Pro Eksistensi Umat Baha‟i Surabaya peneliti menggunakan dua rumusan awal yakni 1.) Bagaimana konsep Pluralisme Umat Baha‟i Surabaya. 2) Bagaimana implementasi sikap Pro Eksistensi Umat Baha‟i Surabaya. Metode yang digunakan peneliti menggunakan penelitian Kualitatif yang berorietasi pada data lapangan dengan mengumpulkan data-data empiri melalui wawancara dengan tokoh-tokoh agama Baha‟i. Pengumpulan data juga ditunjang oleh bentuk dokumentasi dan ditunjang dengan data literature. Dalam hal ini peneliti menggunakan pendekatan Hans Kung dan Sayyid Hosn Nasr dalam menganalisis temuan data Setelah melakukan penelitian penulis menemukan temuan Pertama bahwa konsep Pluralisme umat Baha‟i di surabaya berdasarkan konsep kesatuan umat manusia yang telah diserukan oleh Baha‟ullah. Kedua umat Baha‟i Surabaya mengimplemetasikan sikap Pro Eksistensi melalui kegiatan-kegiatan seperti doa bersama lintas agama dalam perayaan hari besar maupun pemebrkatan biasa. Tidak hanya itu ada empat program yang dijalankan yakni kelas anak-anak, pendampingan remaja, kelas terbuka dan institute ruhi. Kesemuanya tersebut dibuka untuk umum, guna mempelajari tentang budi pekerti yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaifulloh, Akbar ArryAkbararrys@gmail.comE92217044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqulyaqin2010@gmail.com2113027201
Subjects: Pluralisme
Keywords: Pluralisme; Pro Eksistensi; baha'i.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Akbar Arry Syaifulloh
Date Deposited: 10 Feb 2021 12:04
Last Modified: 10 Feb 2021 12:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46381

Actions (login required)

View Item View Item