Corak penafsiran al-adabi al-ijtima'i dalam tafsir Tarjuman al Mustafid karya Syekh Abdurrauf as-Singkili

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syauqi, Muhammad Abdullah (2021) Corak penafsiran al-adabi al-ijtima'i dalam tafsir Tarjuman al Mustafid karya Syekh Abdurrauf as-Singkili. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Abdullah Syauqi_E03217031.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan kajian tafsir Alquran telah terjadi perkembangan yang signifikan yang telah ada sejak zaman Rasulullah hingga masa modern yang dilakukan oleh mufassir kontemporer Muhammad Abduh dan Rashid Ridho. Penafsiran Alquran sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk menata dan menjalani kehidupan yang semakin maju ini. Mufassir di Nusantara memiliki karakteristik yang beragam untuk menyampaikan pesan-pesan dalam Alquran kepada masyarakat. Dalam penafsiran yang ditujukan terhadap kehidupan sosial bermasyarakat, mufassir menggunakan corak al-adabi al-ijtima’i, karena corak ini ternilai mudah untuk dipahami oleh masyarakat awam dan tata penyampaianya yang unik membuat orang lain tertarik untuk mengkaji tafsir. Corak al-adabi al-ijtima’i memiliki dampak yang dihasilkan terhadap kehidupan sosial masyarakat. Karakter masyarakat disuatu wilayah menjadi salah butki adanya implikasi dari penafsiran bercorak tersebut. Pada penelitian ini, penulis akan memaparkan implikasi masyarakat Aceh dari adat istiadat hingga karakter sosial dalam penyelesaian konflik yang telah dipengaruhi oleh penafsiran Syekh Abdurrauf as-Singkili bercorak al-adabi al-ijtima’i dalam tafsir tarjuman al-mustafid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syauqi, Muhammad Abdullahabdullahsyauqi7626@gmail.comE03217031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com19730401998031006
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Tarjuman al-Mustafid; konflik.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Muhammad Abdullah Syauqi
Date Deposited: 11 Feb 2021 06:15
Last Modified: 11 Feb 2021 06:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46388

Actions (login required)

View Item View Item