Peran program csr PT Pertamina Gas dalam pemberdayaan masyarakat melalui Resto Apung Seba ditinjau dari maslahah mursalah: studi pada Restoran Apung Seba Desa Penatarsewu Kec. Tanggulangin, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mariyanti, Erina (2020) Peran program csr PT Pertamina Gas dalam pemberdayaan masyarakat melalui Resto Apung Seba ditinjau dari maslahah mursalah: studi pada Restoran Apung Seba Desa Penatarsewu Kec. Tanggulangin, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erina Mariyanti_G94216163.pdf

Download (2MB)

Abstract

Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan analisis SWOT dan menjadi kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di Desa Penatarsewu menunjukan bahwa dalam proses pemberdayaan program melalui Resto Apung Seba, Program CSR PT Pertamina Gas memiliki peran sebagai pihak yang memenuhi kebutuhan pemberdayaan, seperti kebutuhan sarana pemberdayaan, kebutuhan pelatihan SDM, kebutuhan modal awal usaha, dan pendamping program pemberdayaan ditandai dengan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala.. Hasil proses pemberdayaan masyarakat melalui Resto Apung Seba jika ditinjau dari Maslahah Mursalah, yaitu menimbulkan Maslahah pada aspek hifdzu mal (pemeliharaan harta) karena menciptakan peluang kerja bagi masyarakat untuk mengatasi pengangguran dan menambah pendapatan, aspek hifdzu aql (pemeliharaan akal) yaitu melalui program pelatihan masyarakat menjadi memiliki keahlian mengelola resto, dan aspek hifdzu nafs (pemeliharaan jiwa) karena adanya peningkatan pendapatan maka dapat memenuhi kebutuhan pokok untuk dapat bertahan hidup. Berdasarkan hasil penelitian ini, agar hasil pemberdayaan Resto Apung Seba dapat lebih luas, pihak resto bisa menerapkan berbagai strategi pengembangan diantaranya menciptakan spot-spot foto yang instagramable, membuat paket aktivitas wisata lengkap, menguatkan brand image yang sudah terbentuk, mengencarkan promosi secara online maupun offline, mengembangkan jaringan dengan berbagai pihak terkait, meningkatan pelayanan dan melengkapi berbagai fasilitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mariyanti, Erinaerinamyanti@gmail.comG94216163
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Ah. Aliaaarifin07@gmail.com092100900862
Subjects: Ekonomi Islam
Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Ikan Asap; Resto Apung Seba; Maslahah Mursalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Erina Mariyanti
Date Deposited: 15 Feb 2021 08:29
Last Modified: 15 Feb 2021 08:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46398

Actions (login required)

View Item View Item