Dilema antara Keberagamaan dan Keberwarganegaraan: studi fenomenologi tentang kesadaran pengungsi Shi’ah Sampang terhadap Hak Hak Sipil Tahun 2013−2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholehuddin, Moh. (2020) Dilema antara Keberagamaan dan Keberwarganegaraan: studi fenomenologi tentang kesadaran pengungsi Shi’ah Sampang terhadap Hak Hak Sipil Tahun 2013−2020. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Sholehuddin_F23416150.pdf

Download (3MB)

Abstract

Semua WNI berhak memperoleh hak-hak sipil tanpa memandang agama yang diyakininya. Ternyata, tidak demikian dengan pengikut shi’ah Sampang. Konflik sunni shi’ah Sampang menyebabkan pengikut shi’ah menjadi pengungsi di rusun Puspa Agro Sidoarjo pada 2013. Penelitian ini membahas dilema antara keberagamaan dan keberwarganegaraan dalam kehidupan pengungsi shi’ah Sampang dengan rumusan masalah; pertama, bagaimana pengungsi shi’ah memahami hak-hak sipil?, kedua, dilema apa saja yang mereka hadapi dalam meraih hak-hak sipil?, ketiga, bagaimana pemahaman mereka dapat membangun kesadaran tentang hak-hak sipil?, keempat, bagaimana upaya mereka dalam menegosiasikan domain keagamaan (sebagai shi’ah) dengan domain kewarganegaraan (sebagai WNI) untuk memperoleh hak-hak sipil?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan sosiologi agama dan teologi karena menggali perspektif individu beragama (shi’i) serta berkaitan dengan pemahaman tentang akidah shi’ah. Perspektif teori yang digunakan adalah teori tindakan sosial dan verstehen Max Weber serta fenomenologi Edmund Husserl. Penelitian ini menemukan bahwa pengungsi shi’ah memahami hak-hak sipilnya. Selama di pengungsian, hak hidup dan hak berfikir, berkeyakinan dan beragama warga shi’ah terpenuhi. Mereka hidup aman dan dapat melaksanakan ritual shi’ah imamiyah. Ada 6 orang yang meninggal dunia karena sakit, tidak karena kekerasan. Model pemahaman keagamaan tokoh shi’ah Sampang (Tajul Muluk) cenderung terbuka, elektik dan kritis. Ajaran shi’ah yang dinilainya benar dipertahankan, sedangkan yang dinilai salah ditinggalkan. Ia mau menerima kebenaran dari mazhab sunni. Hak sipil yang belum terpenuhi adalah hak memilih tempat tinggal dan tidak diperlakukan diskriminatif. Mereka belum diperbolehkan hidup dan menetap kembali di Sampang. Jenazah enam warga shi’ah tidak dikubur di Sampang. Dilema yang dihadapi adalah 1) penolakan kiai Sampang, 2) langkah rekonsiliasi warga yang kandas, 3) fatwa MUI Jawa Timur No. 1 tahun 2012, 4) Pergub Jatim No. 55 tahun 2012, dan 5) negara yang belum hadir powerfull, netral dan adil. Upaya yang mereka tempuh untuk memahami dan menyadari hak-hak sipilnya adalah 1) mengikuti kegiatan advokasi LSM, 2) mengoptimalisasikan forum Yasin dan tahlil Kamis malam Jumat sebagai forum konsolidasi, dan 3) menerima pendampingan ABI Jawa Timur. Adapun ikhtiar yang mereka untuk menegosiasikan domain keagamaan dengan domain kewarganegaraan adalah 1) demo ‘ngonthel’ 16 hari ke istana negara dan Puri Cikeas era Presiden SBY, 2) menghadiri dan penyuarakan hak sipil di forum pengajian kebangsaan yang dihadiri tokoh nasional, 3) mengkritisi fatwa MUI Jawa Timur, dan 4) membendung implikasi Pergub Jatim Nomor 55 tahun 2012 tentang pembinaan dan pengawasan aliran sesat di Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholehuddin, Moh.m.sholehuddin@yahoo.com.F23416150
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorala, Abd.abdalabs@gmail.com2005095701
Thesis advisorMuzakki, Akh.akh.muzakki@uinsby.ac.id2009027401
Subjects: Konflik sosial
Keywords: Pengikut shi’ah; Hak sipil; Hak hidup; Berfikir dan beragama; Hak memilih tempat tinggal; dan hak tidak diskriminasi.
Divisions: Program Doktor > Studi Islam
Depositing User: Sholehuddin Sholehuddin
Date Deposited: 11 Feb 2021 09:16
Last Modified: 11 Feb 2021 09:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46409

Actions (login required)

View Item View Item