Pandangan Barisan Ansor Serbaguna Gresik mengenai konsep NKRI bersyariah front pembela Islam: dalam perspektif kritik ideologi Max Horkheimer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliah, Nailul Hikam (2021) Pandangan Barisan Ansor Serbaguna Gresik mengenai konsep NKRI bersyariah front pembela Islam: dalam perspektif kritik ideologi Max Horkheimer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nailul Hikam Amaliah_E91216043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya organisasi masyarakat yang dianggap radikal dalam hal ini adalah FPI dan sasaran utamanya adalah pemuda, karena pemuda dianggap rentan dengan terombang-ambingnya keyakinannya atau lebih mudahnya, pemuda dianggap lebih muda untuk disusupi oleh orang yang di luar kendalinya. Oleh karena itu, di sini Banser sebagai salah satu organisasi pemuda dari badan semi otonom NU yang dianggap bisa menanamkan jiwa-jiwa Keaswajaan dan sikap patriotisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia ini Adapun penelitian ini difokuskan pada, 1)Bagaimana konsep NKRI Bersyariah yang digagas oleh FPI 2)Bagaimana pandangan Barisan Ansor Serbaguna terhadap konsep NKRI Bersyariah Front Pembela Islam dalam Perspektif Kritik Ideologi Max Horkheimer. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah dapat mengidentifikasi dan mengetahui pandangan Barisan Ansor Serbaguna terhadap organisasi masyarakat dan juga konsepnya yakni NKRI Bersyariah Front Pembela Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang juga menggunakan pendekan kritik ideologi Max Horkheimer sebagai analisis dari data yang sudah didapatkan penulis. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa kurang setujunya Banser terhadap konsep yang ditawarkan Fpi yakni Wacana mengenai NKRI Bersyariah, karena Banser menganggap negara yang sekarang sudah final dan sudah pas dengan kondisi yang sekarang. Dan kemungkinan dampak yang terjadi ketika hal tersebut memang direalisasikan yang terjadi adalah perpecahan antar saudara sebangsa, karena proses perjuangan kemerdekaan Indonesia bukan hanya dari kalangan Islam tapi juga berbagai Suku, Agama, dan Budaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliah, Nailul Hikamnhamaliah24@gmail.comE91216043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Keywords: NKRI Bersyariah; Barisan Ansor Serbaguna; Kritik Ideologi Max Horkheimer.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nailul Hikam Amaliah
Date Deposited: 13 Feb 2021 09:00
Last Modified: 13 Feb 2021 09:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46412

Actions (login required)

View Item View Item