Upaya guru dalam menumbuhkan minat baca peserta didik selama pandemi di kelas IV MIN 1 Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qibtiyah, Mariatul (2021) Upaya guru dalam menumbuhkan minat baca peserta didik selama pandemi di kelas IV MIN 1 Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mariatul Qibtiyah_D97217061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat baca peserta didik selama pandemi. Selama pandemi, banyak kegiatan dan program literasi di sekolah yang terhambat dan mengalami kesulitan untuk tetap terus dilaksanakan secara online dari rumah. Oleh sebab itu, dengan kondisi demikian upaya guru dalam menumbuhkan kembali minat baca peserta didik selama pandemi sangat dibutuhkan agar dapat terus membentuk generasi yang mempunyai karakter kuat dalam berpengetahuan dan berwawasan luas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni (1) bagaimana minat baca peserta didik selama pandemi di kelas IV MIN 1 Pasuruan? (2) bagaimana upaya guru dalam menumbuhkan minat baca selama pandemi di kelas IV MIN 1 Pasuruan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun objek dari penelitian ini adalah: kepala sekolah, guru kelas, wali murid dan peserta didik. Adapun dengan tahapan penelitian yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan keismpulan. Hasil penelitian berdasarkan fokus penelitian yang pertama menunjukan bahwa (1) minat baca peseta didik selama pandemi di kelas IV MIN 1 Pasuruan termasuk dalam kriteria yang masih rendah dengan skor perolehan keseluruhan yaitu 47. Indikator paling rendah terdapat pada indikator mencari bahan bacaan, yaitu 33 dengan kriteria sangat rendah dan indikator paling tinggi terdapat pada indikator kebutuhan terhadap buku bacaan yaitu 57 dengan kriteria sedang. (2) upaya guru dalam menumbuhkan minat baca peserta didik selama pandemi MIN 1 Pasuruan adalah dengan cara mengupayakan kegiatan membaca dalam kegiatan pembelajaran, memberikan tugas membaca dan merangkum, memberikan instruksi dengan jelas, memberikan bahan bacaan, berkomitmen memberikan nilai, memberikan feedback, memberikan pujian dan reward, mengadakan kompetisi untuk mewadahi karya peserta didik dan membukukan hasil karya peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qibtiyah, Mariatulmariyatulqibtiyah35@gmail.comD97217061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorMusthofa, Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan
Pendidikan > Minat Baca
Keywords: Minat baca.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mariatul Qibtiyah
Date Deposited: 13 Feb 2021 11:35
Last Modified: 13 Feb 2021 11:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46428

Actions (login required)

View Item View Item