Makna dan motivasi penggunaan cadar di komunitas Niqab Squad Malang Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahilda, Vinalis Islam (2021) Makna dan motivasi penggunaan cadar di komunitas Niqab Squad Malang Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vinalis Islam Mahilda_E01216027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang makna dan motivasi penggunaan cadar di komunitas niqab squad Malang Jawa Timur. Bercadar merupakan bentuk salah satu yang ditunjukkan oleh seorang muslimah, yang digunakan untuk menutupi bagian wajahnya mulai dari bagian hidung sampai kebawah. Pada saat ini pemakaian cadar sedang menjadi tren di kalangan seorang perempuan muslimah dengan menggunakan pakaian jubbah panjang yang berwarna gelap serta jilbab yang panjang dan tak lupa dengan cadarnya yang akan menutupi bagian wajahnya. Fenomena bercadar kini sedang marak di berbagai daerah Indonesia. Salah satunya komunitas niqab squad, komunitas niqab squad merupakan komunitas hijrah yang mengumpulkan orang-orang dimana mereka ingin berhijrah terutama untuk mereka yang ingin mengamalkan sunnahnya dengan cara bercadar. Komunitas niqab squad sudah meluas hingga 40 cabang di Indonesia dan salah satunya di Kota Malang Jawa Timur. Penggunaan cadar yang dilakukan oleh anggota komunitas niqab squad sesuai dengan syariat Islam yaitu dengan cara menutup aurat sampai dengan wajahnya yang di yakini sebagai pelindung dari pandangan seseorang yang bukan mahromnya serta untuk menutup aurat. Anggota komunitas niqab squad menjadi menarik untuk diteliti karena dengan cara yang mereka lakukan untuk menjalankan perintah Allah berbeda dengan wanita muslim pada umumnya. Oleh sebab itu, penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi anggota komunitas niqab squad Malang memutuskan untuk menggunakan cadar serta memahami bagaimana pemaknaan hukum memakai cadar. Beberapa mahzab mengatakan bahwa hukum memakai cadar adalah sunnah dan wajib, hukum sunnah dikatakan bahwa aurat seorang wanita adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan, sedangkan hukum wajib dikatakan bahwa aurat seorang wanita adalah seluruh tubuhnya tanpa terkecuali. Begitu pula dengan anggota komunitas niqab squad Malang mengatakan hukum bercadar ialah sunnah dan wajib menurut mahzab yang mereka percayai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahilda, Vinalis Islamvinalisislamm@gmail.comE01216027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhaninanirofhani@gmail.com2030017101
Subjects: Filsafat
Filsafat > Filsafat Agama
Keywords: Cadar; Motivasi; Niqab Squad.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Vinalis Islam Mahilda
Date Deposited: 14 Feb 2021 10:50
Last Modified: 14 Feb 2021 10:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46453

Actions (login required)

View Item View Item