Analisis hukum islam terhadap pemberian Harta -Waris yang hanya diberikan kepada anak perempuan di Desa Jegrek Dusun Samben Kecamatan Modo Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviatul M.K.R, Nur Oktaviatul (2021) Analisis hukum islam terhadap pemberian Harta -Waris yang hanya diberikan kepada anak perempuan di Desa Jegrek Dusun Samben Kecamatan Modo Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Oktaviatul M.K.R_C01216038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Menggunakan sumber data primer berupa hasil wawancara dengan kepala Desa Jegrek, kepala Dusun Samben, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, dan karya tulis lain yang berhubungan dengan isi penelitian. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif analitis.Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama: masyarakat Desa Jegrek Dusun Samben dalam melaksanakan pembagian waris sebagian menggunakan dengan tradisinya, yaitu dengan cara memberikan harta waris kepada anak perempuan saja, terutama anak perempuan yang kedudukanna sebagai gundulan keluarga, sedangkan anak laki-laki diberikan biaya untuk pendidikan yang layak Kedua: pembagian ini untuk meminimalisir terjadinya sengketa antara sesama ahli waris, keadilan sebagai salah satu sendi pembinaan masyarakat tersebut dapat dilaksakan dan di tegakkan dengan baik. Sedangkan masyarakat belum mengerti tentang dasar hukum Islam dan tentang kewarisan Islam. Oleh sebab itu, disarankan perlu adanya sosialisasi dari pihak KUA atau sesepuh Desa yang menjadi sumber rujukan hukum Islam agar pembagian waris secara hukum Islam berjalan dilingkungan masyarakat. Dan hendaknya dalam rangka tradisi pembagian waris yang hanya diberikan kepada anak perempuan ini dibagi ketika dilakukan dengan musyawarah dan para ahli waris sudah mengetahui bagian masing-masing menurut hukum Islam dan peraturan undang-undang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviatul M.K.R, Nur Oktaviatulnutaviroh@gmail.comC01216038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhazin, A. Muftiamuftikhazinfaza@gmail.com2013037301
Subjects: Anak
Hukum Islam
Hukum Islam > Waris
Keywords: Waris; Warisan; Warisan Untuk anak perempuan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nur Oktaviatul MKR
Date Deposited: 17 Feb 2021 08:08
Last Modified: 17 Feb 2021 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46455

Actions (login required)

View Item View Item