Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif strategi self-regulated learning berbasis norma sosiomatematik untuk melatih kemampuan argumentasi peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Barikah, Iflakhul (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif strategi self-regulated learning berbasis norma sosiomatematik untuk melatih kemampuan argumentasi peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iflakhul Barikah_D94214099.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model kooperatif strategi self-regulated learning berbasis norma sosiomatematik merupakan strategi pembelajaran yang menuntut siswa untuk bekerja dalam kelompok dengan mengutamakan penerapan self-regulated atau pengaturan diri selama proses pembelajaran berlangsung serta mendasarkan kegiatan pembelajaran dengan norma sosiomatematik yang disepakati dalam kelas untuk melatihkan kemampuan argumentasi. Adapun penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses, kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan antara lain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang disesuaikan dengan model pembelajaran kooperatif strategi self-regulated learning berbasis norma sosiomatematik untuk melatih kemampuan argumentasi peserta didik. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 fase, namun karena terjadi wabah pandemi Covid-19 maka penelitian ini hanya melalui 3 fase yaitu: (1) analisis (Analyze), (2) perancangan (Design), (3) pengembangan (Development). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan lapangan dan validasi. Proses pengembangan perangkat pembelajaran ini mencakup tahap analisis, perancangan dan pengembangan. Adapun hasil dari tahap analisis menyatakan bahwa kurikulum yang diterapkan di sekolah menggunakan kurikulum 13 dan kegiatan pembelajaran di kelas masih cenderung konvensional yakni proses pembelajaran fokus utama hanya pada guru dan peserta didik hanya menerima informasi dari guru. Pada tahap perancangan peneliti membuat dan memodifikasi perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD kemudian dikonsultasikan kepada dosen pembimbing. Selanjutnya pada tahap pengembangan, perangkat pembelajaran ini divalidasi oleh empat validator untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dengan rata-rata total kevalidan perangkat RPP sebesar 4,37 dan rata-rata total kevalidan perangkat LKPD sebesar 4,28. Perangkat yang dikembangkan juga termasuk dalam kategori praktis dengan penilaian kepraktisan RPP yang mendapat penilaian 3 dari dua validator yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi dan penilaian 4 dari dua validator yang berarti dapat digunakan dengan tepat, serta penilaian kepraktisan LKPD yang mendapat penilaian 3 dari keempat validator yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Barikah, Iflakhuliflakhulbarikah95@gmail.comD94214099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan; Kooperatif; Self-Regulated Learning; Norma Sosiomatematik; Argumentasi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: iflakhul barikah
Date Deposited: 14 Feb 2021 14:37
Last Modified: 14 Feb 2021 14:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46471

Actions (login required)

View Item View Item