Peran Fatayat NU dalam meningkatkan kesadaran politik perempuan di kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachim, Muhammad Abdi (2020) Peran Fatayat NU dalam meningkatkan kesadaran politik perempuan di kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Abdi Rachim_I01216020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahasa tentang peran Fatayat NU dalam meningkatkan kesadaran politik perempuan di Kabupaten Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan hambatan yang dilakukan Fatayat NU dalam meningkatkan kesadaran politik perempuan di Kabupaten Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni dengan wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Pendidikan Humanisme oleh Paulo Freire. Dalam teori tersebut masyarakat dibagi menjadi 3 kesadaran yakni : kesadaran naif, kesadaran magis, dan kesadaran Kritis. Hasil temuan penelitian ini menunjuk kan bahwa, Peran Fatayat NU dalam meningkatkan kesadaran politik perempuan telah berjalan sesuai yang terdapat pada Visi dan Misi dan Program Kerja pada Fatayat NU Gresik. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kesadaran politik perempuan yakni secara formal dan Informal. Secara formal, kegiatan dilakukan bersama lembaga Pemerintahan maupun partai politik. Sedangkan secara informal, kegiatan dilakukan bersama anggota Fatayat NU maupun non anggota dengan jalur koordinasi dari atas kebawah. Hambatan yang dihadapai Fatayat NU Gresik dalam meningkatkan kesadaran politik perempuan yakni stigma negatif dan konstruksi sosial dominasi antara laki-laki dan perempuan di lingkungan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachim, Muhammad Abdiabdirohim98@gmail.comI01216020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Muchammadismail.muchammad@gmail.com2003058001
Subjects: Politik
Keywords: Fatayat NU; Kesadaran Politik; Perempuan.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Muhammad Abdi Rachim
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:46
Last Modified: 15 Feb 2021 06:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46473

Actions (login required)

View Item View Item